Kompas TV regional agama

Demo Tolak UU Cipta Kerja di Makassar Berujung Ricuh: Kantor NasDem Dirusak, Mahasiswa Diserang

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 05:36 WIB
demo-tolak-uu-cipta-kerja-di-makassar-berujung-ricuh-kantor-nasdem-dirusak-mahasiswa-diserang
Sekelompok massa tidak dikenal melakukan penyerangan terhadap mahasiswa hingga ke kampus Universitas Negeri Makassar (UNM). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro

MAKASSAR, KOMPAS TV - Aksi demonstrasi mahasiswa menolak Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja di Kota Makassar berujung ricuh.

Kericuhan tersebut mengakibatkan kantor DPD Partai NasDem dirusak massa. Juga ambulans milik partai besutan Surya Paloh itu dibakar.

Tak hanya itu, sejumlah massa lainnya menyerang mahasiswa hingga ke kampus Universitas Negeri Makassar (UNM).

Baca Juga: Presiden Jokowi Didemo Lagi, 10 Ribu Buruh dari Banten Bakal ke Istana Merdeka

Kericuhan bermula saat Kamis (22/10/2020) siang, mahasiswa menggelar demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja di depan kampus UNM di Jalan AP Pettarani.

Selain berorasi, massa juga menutup jalan AP Pettarani. Hingga malam, mahasiswa masih bertahan melakukan demonstrasi.

Namun, sekitar pukul 21.00 WITA, ada massa yang melakukan provokasi dengan melempari kantor DPD NasDem Kota Makassar yang berada tak jauh dari lokasi demo mahasiswa.

Baca Juga: Massa Buruh Dihadang Polisi di Pintu Tol, Tak Boleh Demo di Istana Presiden

Juga tak lama berselang, massa yang melakukan pelemparan menyeret mobil ambulans milik Partai NasDem yang terparkir di halaman kantor ke badan jalan.

Selanjutnya, ambulans itu pun dirusak massa dengan cara dipukul, dilempar dan diinjak-injak sebelum akhirnya dibakar massa.

"Benar, ada kantor partai politik dirusak. Lalu mobil ambulans milik partai tersebut juga dibakar," kata Panit 2 Reskrim Polsek Rappocini, Ipda Nurman Matasa di Makassar, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga: Mensetneg Pratikno Pastikan Substansi UU Cipta Kerja 1.187 Halaman Sama Seperti yang Diserahkan DPR

Belum diketahui dari mana massa yang melakukan provokasi hingga merusak kantor dan membakar ambulans milik Partai NasDem itu.

Akibat penyerangan oleh massa tersebut, kantor NasDem mengalami kerusakan. Sejumlah kaca bagian depan kantor partai itu pun pecah akibat lemparan benda tumpul.

Di saat terjadi serangan di kantor Partai NasDem oleh massa, tiba-tiba muncul sekelompok massa lainnya. Mereka langsung menyerang mahasiswa yang tengah berdemo dengan lemparan batu.

Baca Juga: Satu Lagi Bertambah, 3 Pemohon Warga Papua Gugat UU Cipta Kerja ke MK

Karena serangan mendadak itu, membuat mahasiswa terpukul mundur hingga masuk ke dalam kampus UNM yang posisi berseberangan dengan kantor NasDem.

Mahasiswa pun mencoba bertahan di dalam kampus. Sesekali mereka membalas serangan warga dengan lemparan batu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.