Kompas TV nasional sapa indonesia

Pelaku Pembakaran Gedung Kejaksaan Agung akan Segera Diungkap

Jumat, 23 Oktober 2020 | 00:20 WIB

KOMPAS.TV - Genap dua bulan yang lalu, kobaran api meludeskan gedung Kejaksaan Agung. Polisi telah melakukan serangkaian penyelidikan. Penyebab kebakaran hingga kini belum sepenuhnya terkuak. 

Dugaan bahwa kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung terjadi bukan karena ada unsur kesengajaan ini diambil setelah dalam gelar perkara kemarin (21/10/2020).

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Fadil Zumhana mengatakan ada dugaan kelalaian yang mengakibatkan terjadinya kebakaran ini

Ia juga menyebutkan kebakaran ini terjadi bukan kerena ada unsur kesengajaan.

Tersangka yang lalai menyebabkan kebakaran akan dijerat dengan Pasal 188 KUHP yang mengatur sanksi terhadap orang yang lalai dan menyebabkan kebakaran.

Sementara itu, tim penyidik Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara internal untuk menetapkan tersangka kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung.

Bareskrim Polri menyebutkan akan menetapkan tersangka pelaku penyebab kebakaran Gedung Kejaksaan Agung pada pekan ini.

Hasil olah TKP kepolisian menunjukkan kobaran api pertama kali muncul dari lantai 6 yang merupakan bagian biro kepegawaian.

Kasus ini menjadi sorotan, karena terjadi pada saat Kejaksaan Agung, menangani sejumlah kasus korupsi besar.

Diantaranya yang diduga melibatkan Jaksa Pinangki, dimana bekas ruang kerjanya di lantai 3 juga turut ludes terbakar. Namun Kejagung menyebut, berkas perkara korupsi tidak turut terbakar.

Sementara itu, pihak Kejaksaan Agung memastikan tidak ada unsur kesengajaan dari penyebab kebakaran yang terjadi pada 22 Agustus lalu.

Lalu apa saja temuannya sebagai bukti tidak ada unsur kesengajaan?. Simak dialog selengkapnya bersama Guru Besar Manajemen Konstruksi Universitas Pelita Harapan,  Manlian Ronald Simanjuntak.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:55
KADIS KESEHATAN KABUPATEN SLEMAN SEBUT RUANG ICU RS RUJUKAN COVID-19 PENUH   FERDINAND HUTAHAEAN DAN RUDI S KAMRI DILAPORKAN ATAS DUGAAN PENCEMARAN NAMA BAIK JUSUF KALLA   PUTRI JUSUF KALLA, MUSWIRAH, LAPORKAN FERDINAND HUTAHAEAN DAN RUDI S KAMRI KE BARESKRIM POLRI   PRESIDEN JOKOWI TERIMA 18 NAMA CALON ANGGOTA OMBUDSMAN   BERSAKSI DI PERSIDANGAN, DOKTER UNGKAP BIAYA PERAWATAN JAKSA PINANGKI CAPAI RP 100 JUTA PER TAHUN   GUBERNUR RIDWAN KAMIL IMBAU WISATAWAN TIDAK BERKUNJUNG KE BANDUNG RAYA KARENA ZONA MERAH COVID-19   DINKES DKI SEBUT DARI 437 ORANG YANG DITES USAP, 24 POSITIF COVID-19, 296 NEGATIF, & 117 MASIH TUNGGU HASIL   DINKES DKI TES USAP 437 ORANG YANG KONTAK DENGAN GUBERNUR ANIES BASWEDAN & WAGUB AHMAD RIZA PATRIA   KASATPOL PP DKI MENGAKU MENJAWAB 53 PERTANYAAN PENYIDIK SOAL KERUMUNAN DI ACARA RIZIEQ SHIHAB   BAWASLU NTT LAPORKAN LOGISTIK PILKADA SABU RAIJUA TERSASAR KE KPU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA   KPK GELEDAH RUMAH DINAS MANTAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN EDHY PRABOWO   POLRI MENILAI DEKLARASI PEMERINTAHAN SEMENTARA PAPUA BARAT OLEH BENNY WENDA BENTUK PROVOKASI & PROPAGANDA   PRESIDEN JOKOWI TUNJUK MENTAN SYAHRUL YASIN LIMPO SEBAGAI MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN SEMENTARA   KPU MENGATAKAN PETUGAS DI TPS AKAN DIBERI APD TIGA MACAM YAITU "FACE SHIELD", MASKER, DAN SARUNG TANGAN