Kompas TV regional berita daerah

Dalam 50 Tahn Jumlah Lansia Naik 2 Kali Lipat

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 17:22 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS TV –

Meningkatnya jumlah lanjut usia di Indonesia khususnya Jawa Barat memberikan dampak dalam aspek kehidupan ekonomi serta social, dalam waktu hampir lima decade, persentase lansia Indonesia meningkat sekitar dua kali lipat yakni menjadi 9,6 persen atau sekitar 25 juta lansia.

Dalam pertemuan secara virtual yang bertajuk menilik kualitas hidup lansia dalam peta jalan sustainable development goals 2030, Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Jabar, Dyah Anugrah Kuswardani mengungkapkan, jumlah lansia di jabar pada 2019 sebanyak 4,76 juta jiwa atau 9,71 persen dari total penduduk.

Rasio ketergantungan lansia terhadap penduduk usia produktif mencapai 14,85 persen, komposisi lansia perempuan lebih mendominasi dibandingkan laki-laki//

Di sisi kesehatan dan perlindungan sosial belum sepenuhnya lansia memiliki jaminan kesehatan dan perlindungan social.

Peningkatan ini tentunya akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan, ekonomi maupun social.

Dalam bingkai kebijakan pelayanan kesejahteraan lansia menurut Undang Undang nomor 13 tahun 1998,  lansia memiliki hak untuk meningkatkan kesejahteraan social.

Dalam webinar yang melibatkan beberapa narasumber ini, juga mengupas fakta mengenai kualitas hidup lansia dalam peta SDGS. diantaranya rumah tangga lansia masih didominasi oleh mereka yang tinggal pada rumah tangga dengan kelompok pengeluaran 40 persen terbawah.

Berbagai situasi dan kondisi yang dihadapi lansia, tentunya sangat berpengaruh pada tingkat kesejahteraan serta banyaknya problematika yang dihadapi lansia.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjawabarat/

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x