Kompas TV video cerita indonesia

Pemuda Ini Ciptakan Robot ROV Untuk Dalam Air

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 17:00 WIB
Penulis : Theo Reza

RIAU, KOMPAS.TV - Pemuda Warga Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau berhasil menciptakan satu unit robot yang diberi nama robot underwater remotely operated vehicle atau robot bawah air yang dikendarai dari jarak jauh.

Bagas Prayoga Suswanto merakit robot ciptaanya itu dengan ukuran fisik robot yang tidak begitu besar dan memiliki bobot sekitar 8 Kg.

Ada delapan kipas berukuran kecil yang difungsikan pergerakan robot. Robot ini juga dilengkapi kamera pemantau dan lampu penerangan.

Pembuatan robot itupun diawali dengan mendesain menggunakan Software dan selanjutnya menentukan komponen-komponen elektronika. Setelah itu beberapa kompnen kemudian dirakit hingga menjadi robot.

Robot ciptaan Bagas harus melewati sejumlah uji coba didalam air yang tujuanya untuk memastikan air tidak masuk pada wilayah yang sensitif pada air.

Robot Underwater Remotely Operated Vehicle ini merupakan projek tugas akhir perkuliahan sebagai mahasiswa Politeknik Caltex Riau yang nantinya difungsikan sebagai pemantau atau sebagai observasi dilingkuan perairan. Mengingat wilayah Indonesia memiliki wilayah perairan yang cukup banyak namun jumlah robot pemantau melalui air jumlahnya belum banyak.

Dimasa pandemi covid-19, Bagas mengaku cukup kesulitan saat proses menciptakan Robot hingga menghabiskan waktu 7 bulan lamanya. Pasalnya ia tidak bisa bimbingan dengan dosen secara langsung akibat pandemi covid-19.

Dengan hasil ide yang luar biasa ini semestinya mampu memberikan kemudahan dan manfaat bagi pemerintah maupun bagi golongan yang tujuannya untuk memantau di perairan yang tidak bisa dijangkau oleh manusia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x