Kompas TV video cerita indonesia

Pengusaha Pariwisata Bali Terima Rp 1,2 Triliun Dana Bantuan

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 20:40 WIB
Penulis : Laura Elvina

KLUNGKUNG, KOMPAS.TV - Pelaku usaha pariwisata  baik hotel restoran dan sejenisnya mendapat angin segar dari pemerintah setelah mati suri sejak bulan Maret lalu.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelontorkan dana sebesar Rp 1,2 Triliun untuk sektor usaha pariwisata Bali.

Dari seluruh total dana yang diterima pemerintah Bali, Rp 9,7 Miliar di antaranya diberikan untuk Kabupaten Klungkung.

Menurut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, anggaran tersebut diperuntukkan kepada pelaku usaha dengan ketentuan pemerintah.

Ketentuan yang dimaksud adalah pelaku usaha sudah mengantongi izin dan mebayar pajak serta masih beroperasi dan tidak bangkrut hingga bulan Agustus 2020 lalu.

"9,7 miliar tentu pemanfaatan sebesar 70 pesen untuk pemilik akomodasi dalam artian yang sudah bayar pajak dan berijin, yang nantinya dibagi secara propossional berdasarkan besar kecilnya pajak restoran, yang dibayar kepada pemda," ujar Suwirta.

Dana yang diberikan tersebut dikhususnya untuk keberlangsungan usaha wisata  mulai dari mebayar gaji pegawai dan menghidupkan kembali usaha mereka.

Bali yang sangat bergantung pada pariwisata memang paling terdampak pandemi sehingga mendapatkan bantuan terbanyak dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Objek Wisata Penglipuran Kembali Dibuka



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.