Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu AS Mike Pompeo Akan Berkunjung ke Indonesia

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 12:04 WIB
menlu-as-mike-pompeo-akan-berkunjung-ke-indonesia
Menteri Luar Negeri AS Michael R. Pompeo atau Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia akhir Oktober 2020. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Michael R. Pompeo atau dikenal juga dengan Mike Pompeo, akan berkunjung ke Indonesia.

Dalam rangkaian perjalanan yang dijadwalkan pada 25-30 Oktober mendatang, Pompeo dijadwalkan akan berkunjung ke empat negara, yaitu New Delhi, India; Kolombo, Sri Lanka; Male, Maladewa dan Jakarta, Indonesia.

Seperti dikutip dari website resmi Kementerian Luar Negeri AS, di New Delhi Menlu Pompeo dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark T. Esper akan memimpin Dialog Tingkat Menteri tahunan, untuk memajukan kemitraan strategis global yang komprehensif antara AS dan India.

Selain itu, pertemuan ini juga bertujuan memperluas kerja sama untuk mempromosikan stabilitas dan kemakmuran Indo-Pasifik dan dunia.

Setelah lawatan ke India, Menlu Pompeo akan melanjutkan perjalanan ke Kolombo untuk menguatkan komitmen Amerika Serikat pada kemitraan dengan Sri Lanka yang kuat dan berdaulat.

Kunjungan ke Kolombo juga beragendakan untuk memajukan tujuan bersama, demi mencapai kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca Juga: Buku Mantan Penasihat Trump Kontroversial, Menlu AS Mike Pompeo: Dia Pengkhianat

Sedangkan dalam kunjungan ke Male, Menlu Pompeo akan menegaskan kembali hubungan bilateral yang erat dan memajukan kemitraan dalam berbagai masalah, mulai dari keamanan maritim regional hingga perang melawan terorisme.

Rangkaian kunjungan Menlu AS akan ditutup di Jakarta. Rencananya, dalam kunjungan ke Jakarta, Menlu Pompeo akan menyampaikan sambutan publik dan bertemu dengan mitra dari Indonesia, untuk menegaskan visi kedua negara tentang kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x