Kompas TV bisnis kebijakan

Pemerintah akan Beri Bantuan ke Pesantren, Madrasah dan LPA, Totalnya Senilai Rp 2,38 Triliun

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 11:19 WIB
pemerintah-akan-beri-bantuan-ke-pesantren-madrasah-dan-lpa-totalnya-senilai-rp-2-38-triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah berencana akan memberikan bantaun untuk institusi pendidikan terdiri atas pesantren, madrasah, dan Lembaga Pendidikan Alquran (LPA).

Untuk memberikan bantuan tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah telah mempersiapkan dana sebesar Rp 2,38 triliun.

Anggaran sebesar itu, kata Sri, diambil dari alokasi dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca Juga: Pemerintah akan Beri Rp 15 Juta Per Keluarga untuk Perbaikan Rumah, Apa Syaratnya?

"Dana itu untuk membantu lebih dari 21 ribu lembaga pesantren, 62 ribu madrasah, dan 112 ribu LPA," kata Sri Mulyani di Jakarta pada Rabu (21/10/2020).

Selain itu, Sri Mulyani menambahkan, pemerintah juga memberikan dana sebesar Rp 211,7 miliar kepada murid-murid dari 14 ribu lembaga pendidikan Islam.

Dana bantuan tersebut diberikan selama tiga bulan. Adapun rinciannya, dana diberikan sebesar Rp5 juta per bulan untuk tiap lembaga.

Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah memberikan bantuan kepada murid-murid tersebut agar bisa mengikut pembelajaran jarak jauh secara online.

Baca Juga: Kabar Gembira untuk Sekolah, Nadiem Makarim akan Beri Kenaikan Dana BOS pada 2021

Menurut Sri Mulyani, dana tersebut disalurkan bukan hanya melalui Kementerian Agama. Namun juga kementerian/lembaga lainnya dengan nilai total mencapai Rp 991,8 miliar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x