Kompas TV nasional viral

Viral di Medsos Jargon Dangdut Tarik Sis, Semongko , Ini Faktanya

Kompas.tv - 21 Oktober 2020, 22:07 WIB
viral-di-medsos-jargon-dangdut-tarik-sis-semongko-ini-faktanya
Tangkapan layar video MC Ridho Woyo-woyo saat mengucapkan jargon Tarik Sis, Semongko di konser musik dangdut di Banyuwangi, Jawa Timur. (Sumber: Instagram/@ridhomc_woyo_woyo)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istilah jargon atau senggakan “Tarik Sis, Semongko” yang mendadak viral di jagat media sosial. Siapa sangka, jargon “Tarik Sis, Semongko” ini muncul dari Banyuwangi saat pementasan musik dangdutan. 

Kalimat tersebut adalah awalan yang diikuti dengan nyanyian musik dangdut. Jargon ini kemudian diikuti lagu berjudul "Bunga" viral di TikTok.

Adapun lagu berjudul "Bunga" tersebut, sebelumnya di-cover dengan musik dangdut koplo dan dinyanyikan oleh artis lokal asal Banyuwangi bernama Anggun Pramudita.

Saat menyanyikan lagu tersebut, Anggun berduet dengan master of ceremony (MC) bernama Ridho Soleh. Dalam video duetnya dengan Anggun, Ridho yang akrab dipanggil Ridho Woyo-woyo ini beberapa kali mengatakan jargon "Tarik Sis, Semongko".

Setelah aksinya di atas panggung diunggah di YouTube, jargon "Tarik Sis, Semongko" akhirnya viral di berbagai media sosial dan banyak diucapkan.

Dikutip dari Kompas.com, Ridho mengatakan aksinya mengucapkan senggakan "Tarik Sis, Semongko" saat di atas panggung bersama Anggun Pramudita, sudah berlangsung sejak 10 bulan lalu, tepatnya pada Januari 2020.

Saat itu, grup dangdutnya yang bernama AA Jaya diundang komunitas pemuda Damlimo, Banyuwangi, Jawa Timur untuk menghibur warga sekitar.

Lantaran terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut, Ridho dan grup musik AA Jaya mulai kehilangan semangat untuk bermusik.

Padahal, masih tersisa dua penyanyi yang belum "manggung", yakni Anggun Pramudita dan Syahiba Saufa. Akhirnya, setelah melakukan lobi ke panitia dan pihak keamanan, konser dapat dilanjutkan kembali.

Baca Juga: Viral Polisi Dangdutan Abaikan Protokol Kesehatan

"Semongko (semangka) itu segar, jadi suasana pada saat itu panas dan penonton cuma ricuh aja. Nah kpikiran teriak semongko kan seger pelepas dahaga. Semongko juga bisa dimaknai sebagai 'Semangato Sampai Bongko' (Semangat-lah Sampai Mati)," ujar Ridho.

Menurutnya, jargon tersebut dapat menenangkan suasana dan lebih menghibur penonton.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x