Kompas TV nasional pilkada serentak

Simak! 15 Hal Baru di TPS Saat Pilkada Serentak 2020

Rabu, 21 Oktober 2020 | 19:15 WIB
simak-15-hal-baru-di-tps-saat-pilkada-serentak-2020
Ilustrasi pemilih sedang mengikuti simulasi pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di Lapangan PTPN, Cilenggang, Serpong, Tangsel, Sabtu (12/9/2020) (Sumber: tribunnews.com )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelaksanaan Pilkada 2020 akan berlangsung secara serentak pada 9 Desember 2020. Pelaksanaan Pilkada ini dalam situasi pandemi Corona. Maka dari itu, KPU berupaya mempersiapkan protokol kesehatan yang harus dipatuhi kepada pemilih untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Setidaknya ada 15 hal baru yang harus diperhatikan dalam memilih di TPS nanti, seperti dilansir dari Kompas.com (18/10/2020) berikut ini:

  1. Jumlah pemilih maksimal 500 pemilih per-TPS
  2. Pengaturan jam kehadiran pemilih ke TPS setiap jam untuk sekian pemilih.
  3. Pengaturan jaga jarak bagi pemilih saat antre atau berada dalam TPS
  4. Dilarang bersalaman, terutama antara petugas KPPS dengan pemilih juga termasuk bersalaman sesama pemilih.
  5. Disediakan perlengkapan cuci tangan portable di TPS.
  6. Petugas KPPS menggunakan masker selama bertugas (disediakan masker pengganti sebanyak 3 buah) pemilih juga wajib menggunakan masker.
  7. Petugas KPPS menggunakan sarung tangan selama bertugas. Pemilih disediakan sarung tangan plastik sekali pakai di TPS.
  8. Petugas KPPS mengenakan face shield selama bertugas.
  9. Setiap pemilih diharapkan membawa alat tulis sendiri dari rumah untuk menuliskan atau memberikan tanda tangan dalam daftar hadir.
  10. Disediakan tisu kering untuk pemilih yang selesai mencuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos di TPS.
  11. Petugas KPPS yang bertugas di TPS harus menjalani rapid test sebelum bertugas.
  12. Setiap pemilih yang akan masuk ke TPS dicek suhu tubuhnya.
  13. Lingkungan TPS didesinfeksi sebelum dan sesudah proses pemungutan dan perhitungan suara.
  14. Setiap pemilih yang selesai mencoblos tak lagi celupkan jari ke dalam botol tinta. Tinta akan diteteskan oleh petugas.
  15. Jika ada pemilih bersuhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius, maka dipersilakan mencoblos di bilik suara khusus yang ada di lingkungan TPS tersebut.

Penulis : Sadryna Evanalia



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:18
BPPTKG: SUMBER TEKANAN MAGMA MERAPI DI KEDALAMAN 1,3 KM DARI PUNCAK   KPK MELAKUKAN PENGGELEDAHAN DI RUMAH DINAS MANTAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN EDHY PRABOWO   SATPOL PP COPOT ALAT PERAGA KAMPANYE PILKADA TANGSEL YANG DIPASANG DI RUMAH IBADAH HINGGA SEKOLAH   KEPALA BP2MI SEBUT PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DIHENTIKAN KARENA 85 PEKERJA POSITIF COVID-19   KEPALA BP2MI: TAIWAN HENTIKAN SEMENTARA PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA   KEPALA BNPB INGATKAN PENGUNGSI ERUPSI GUNUNG ILE LEWOTOLOK PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   MER-C BANTAH KELUARKAN DOKUMEN HASIL TES USAP RIZIEQ SHIHAB YANG VIRAL DI MEDSOS   BUPATI BOGOR ADE YASIN AKAN PENUHI PANGGILAN POLISI SOAL KERUMUNAN PADA ACARA RIZIEQ SHIHAB DI MEGAMENDUNG   BUPATI JAYAWIJAYA: WARGA PINGGIRAN KOTA JAYAWIJAYA MULAI TERJANGKIT COVID-19   HINGGA 2 DESEMBER 2020, PEMKOT TANGERANG MENCATAT 378 PASIEN COVID-19 MASIH JALANI PERAWATAN DAN ISOLASI MANDIRI   SEBANYAK 311 ORANG KERACUNAN MAKANAN PESTA, PEMKAB BUTON TETAPKAN STATUS KEJADIAN LUAR BIASA   DJOKO TJANDRA SEBUT ANDI IRFAN JAYA SEBAGAI KONSULTAN UNTUK KASUS HUKUMNYA   BERSAKSI DI PERSIDANGAN, DJOKO TJANDRA MENGAKU DIKENALKAN DENGAN ANDI IRFAN JAYA OLEH JAKSA PINANGKI   TERPIDANA DJOKO TJANDRA JANJIKAN "FEE" 1 JUTA DOLLAR AS UNTUK ANITA KOLOPAKING DAN ANDI IRFAN JAYA