Kompas TV regional berita daerah

Terjaring Operasi Yustisi Pemakaian Masker, Pengendara Motor Malah Kabur

Rabu, 21 Oktober 2020 | 11:02 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Petugas gabungan Satpol PP, Polisi dan TNI terus melakukan operasi yustisi pemakaian masker di jalan raya Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Dalam operasi kali ini, petugas menjaring sejumlah anak jalanan dan pegawai rumah sakit, karena tidak memakai masker dengan benar.

Operasi yustisi pemakain masker di Kabupaten Lumajang Jawa Timur sempat diwarnai penolakan dari sejumlah pengendara yang melintas di depan Balai Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko.

Seorang pengendara motor yang kedapatan tidak memakai masker justru marah-marah kepada petugas Satpol PP karena dihentikan. Bahkan ia menerobos sejumlah petugas TNI dan polisi lalu melarikan diri.

Baca Juga: Tidak Memakai Masker, 162 Pengendara Motor Diberhentikan dan Didenda

Hal yang sama juga dilakukan oleh pedagang ayam hingga hampir menabrak petugas. Pengendara motor yang sudah kakek-kakek tersebut beralasan tidak bisa menginjak rem karena kakinya sakit.

Petugas menghimbau kepada masyarakat untuk disiplin memakai masker, karena dapat mencegah penularan virus corona. Pengendara juga tidak perlu melarikan diri saat kedapatan tidak memakai masker, karena dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Tingkatkan Kepatuhan Protokol Kesehatan Covid-19, Pengguna Masker Diberi Hadiah Uang

Kabid penegakan produk hukum satpol PP Lumajang, Didik Budi Santoso mengatakan bahwa dalam operasi tersebut, petugas menjaring anak-anak jalanan karena kedapatan tidak memakai masker. Mereka langsung dibawa ke kantor balai desa untuk diberikan sanksi pembinaan.

Sedangkankan pelanggar penegakan disiplin protokol kesehatan yang lain di lakukan sidang di tempat. Salah satunya adalah seorang aparatur sipil negara atau ASN yang bekerja di salah satu rumah sakit milik pemerintah daerah. Ia dikenakan denda 25 ribu rupiah oleh hakim karena tidak memakai masker di dalam mobil dengan baik dan benar.

Selain menindak pelanggar protokol kesehatan, jajaran kepolisian juga melakukan penindakan terhadap pengendara motor yang tidak dilengkapi surat-surat berkendara.

 

#OperasiYustisi #RaziaMasker #Disiplin3M #ProtokolKesehatan

Penulis : KompasTV Jember




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:52
GUBERNUR DIY SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO X PERPANJANG MASA PPKM MIKRO   DALAM SIDANG PRAPERADILAN KEDUA, TIM KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB SEBUT PENANGKAPAN DAN PENAHANAN KLIENNYA TIDAK SAH   SETELAH DITUNDA DUA KALI, SIDANG PRAPERADILAN KEDUA YANG DIAJUKAN TIM KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB DIGELAR HARI INI   PEMERINTAH TARGETKAN VAKSINASI ASN DI SELURUH WILAYAH INDONESIA AKAN SELESAI BULAN JUNI MENDATANG   PULUHAN TAMU YANG IKUT BERJOGET DENGAN WALI KOTA BLITAR TANPA MASKER HARI INI MENJALANI TES CEPAT ANTIGEN   AHY DATANGI KANTOR KEMENKUMHAM UNTUK TUNJUKKAN BUKTI KLB PARTAI DEMOKRAT DI DELI SERDANG TIDAK SAH   BERSAMA 34 KETUA DPD PARTAI DEMOKRAT, AGUS HARIMURTI YUDHOYONO HARI INI DATANGI KANTOR KEMENKUMHAM   KEMENTERIAN KESEHATAN SEBUT TAK ADA VAKSINASI COVID-19 YANG DISELENGGARAKAN DI RUMAH   KEMENKES SEBUT MAHASISWA AKAN MENERIMA SUNTIKAN VAKSIN COVID-19 BERSAMAAN DENGAN KELOMPOK MASYARAKAT UMUM   DINAS KESEHATAN DKI JAKARTA TAMBAH 10 RUMAH SAKIT LOKASI VAKSINASI COVID-19 BAGI LANSIA   POLRI GELAR VAKSINASI COVID-19 UNTUK 2.282 PURNAWIRAWAN POLISI   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN PASTIKAN TAHANAN KASUS YANG DITANGANI OLEH KEJAGUNG DAPAT VAKSIN COVID-19   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN SEBUT, SELAIN KARYAWAN, SEKITAR 30 ORANG TAHANAN KEJAKSAAN AGUNG JUGA IKUT DIVAKSIN   VAKSINASI PEJABAT DAN KARYAWAN KEJAKSAAN AGUNG REPUBLIK INDONESIA DILAKSANAKAN HARI INI DI KANTOR KEJAKSAAN AGUNG