Kompas TV nasional politik

Berbeda dengan Jokowi Soal Pilkada 2020, Wapres Ma'ruf Amin: Kalau Saya Lebih Baik Ditunda

Kompas.tv - 21 Oktober 2020, 10:45 WIB
berbeda-dengan-jokowi-soal-pilkada-2020-wapres-ma-ruf-amin-kalau-saya-lebih-baik-ditunda
Wakil Presiden Maruf Amin saat memberikan sambutan di ulnag tahun DPD RI ke-16, Kamis (1/10/2020) (Sumber: Dok. KIP/Setwapres)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyatakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2020 lebih baik ditunda. Mengingat, wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia masih merebak.

Pernyataan Ma'ruf Amin tersebut jelas bertentangan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Seperti diketahui, bekas Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan Pilkada 2020 secara serentak agar tetap dilaksanakan sesuai jadwal atau pada 9 Desember mendatang.

Baca Juga: SBY Pernah Diserang Soal Pilkada Tak Langsung, Mahfud MD: Sampai Menangis di Pesawat, Enggak Kuat

Pernyataan Ma'ruf Amin agar Pilkada 2020 lebih baik ditunda disampaikan saat dirinya diwawancarai oleh Najwa Shihab.

Awalnya, pembawa acara Mata Najwa itu melontarkan pertanyaan apakah Pilkada 2020 tetap akan digelar karena ada beberapa anak dan menantu pejabat yang ikut dalam kontestasi.

Termasuk putri Ma'ruf Amin bernama Siti Nur Azizah yang mencalonkan diri menjadi Wali Kota Tangerang Selatan berpasangan dengan Ruhama Ben.

Menjawab pertanyaan Najwa Shihab tersebut, Ma'ruf Amin mengelaknya. Menurut dia, pihak yang memaksakan untuk tetap digelarnya Pilkada serentak adalah petahana atau incumbent.

Baca Juga: Pengunggah Kolase Foto Ma'ruf Amin dengan Bintang Porno Ternyata Pengurus MUI Tanjungbalai

Sementara itu, anaknya yang maju Pilkada Tangerang Selagan bukanlah petahana. Karena itu, tak ada masalah jika pilkada 2020 harus ditunda.

"Saya kira kalau saya lebih baik ditunda. Sebab anak saya kan bukan incumbent. Yang berkepentingan tidak ditunda itu kan incumbent," kata Maruf dikutip dari kanal Youtube Najwa Shibab pada Rabu (21/10/2020).

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin lantas membandingkan jika misalnya lawan yang dihadapi putrinya dalam Pilkada Tangerang Selatan bukanlah seorang incumbent atau petahana.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.