Kompas TV internasional kompas dunia

Setelah Jalan Sebuah Masjid di Kota Abu Dhabi akan Diberi Nama Joko Widodo

Kompas.tv - 21 Oktober 2020, 06:10 WIB
setelah-jalan-sebuah-masjid-di-kota-abu-dhabi-akan-diberi-nama-joko-widodo
Jalan Joko Widodo yang diresmikan oleh pemerintah Uni Emirat Arab pada Senin (19/10/2020). (Sumber: Instagram Presiden Joko Widodo)
Penulis : Johannes Mangihot

KOMPAS.TV – Setelah Jalan Joko Widodo diresmikan, kerajaan Uni Emirat Arab berencana membangun masjid dengan diberi nama Presiden Joko Widodo.

Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan telah memerintahkan untuk membangun masjid yang akan diberi nama Joko Widodo, di Wilayah Diplomatik di Abu Dhabi.

Sheikh Mohammed yang juga Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, menilai pemberian nama Joko Widodo pada jalan dan masjid merupakan pengakuan dan apresiasi atas persahabatan erat Presiden Jokowi dengan kerajaan dan pemerintah UEA.

Baca Juga: Romantisme Bisnis UEA di Balik Nama Jalan Joko Widodo

Sejauh ini hubungan Indonesia-UEA mencakup kerjasama ekonomi, perdagangan dan pembangunan. Seperti dikutip dari kantor berita resmi UEA Emirates News Agency, Selasa (20/10/2020).

Sebelumnya Yang Mulia Sheikh Mohamed juga memerintahkan untuk mengganti nama Al Ma'arid Street, salah satu jalan utama ibu kota, menjadi nama Joko Widodo untuk menghormati Presiden RI.

Jalan Joko Widodo terletak di jantung kawasan pusat bisnis Abu Dhabi. Landmark utama jalan ini meliputi Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi (ADNEC), pusat acara internasional seperti konferensi, pameran terkemuka yang dihadiri oleh para ahli dari seluruh dunia.

Kemudian kantor perusahaan besar, daerah bisnis, dan entitas pemerintah terkemuka.

Baca Juga: Tangani Covid-19, Erick Thohir Gandeng 2 BUMN Bersama UEA

Jalan ini berlokasi strategis di Area Diplomatik, yang menampung banyak kedutaan asing di Abu Dhabi, ibu kota UEA.

Dalam kunjungan resmi ke Abu Dhabi awal tahun 2020, Presiden Jokowi dan Sheikh Mohamed bin Zayed menghadiri penandatanganan 16 perjanjian dan nota kesepahaman antara berbagai entitas dan lembaga di UEA dan Indonesia.

Nota kesepahaman ini untuk meningkatkan kerjasama di berbagai bidang, termasuk pendidikan, kesehatan, energi, pelabuhan, lingkungan, dan urusan dan wakaf Islam.

Baca Juga: UEA, Inggris dan China Terlibat Pembangunan Ibu Kota Baru, Ini Alasan Bappenas

Peresmian Jalan Joko Widodo dilakukan oleh anggota Dewan Eksekutif Abu Dhabi dan Ketua Kantor Eksekutif Abu Dhabi, H.H. Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan dalam upacara bertepatan dengan peringatan terpilihnya Widodo sebagai Presiden RI.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x