Kompas TV nasional peristiwa

Imbauan Mendagri di Libur Panjang: Di Rumah Saja, Beres-Beres

Selasa, 20 Oktober 2020 | 22:19 WIB
imbauan-mendagri-di-libur-panjang-di-rumah-saja-beres-beres
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kembali mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah pada akhir bulan Oktober ini, meski terdapat cuti bersama dan libur panjang.

Menurut Tito, imbauan ini dilatari masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia. Jika masyarakat memilih berlibur atau ke luar kota, terdapat potensi penyebaran Covid-19.

"(Kami) lihat ada potensi arus mudik. Ini rawan penularan. Kami mengimbau pada masyarakat terutama di daerah merah Jakarta, tolong berlibur di sini saja," kata Tito Karnavian dalam pernyataan virtualnya yang diterima jurnalis Kompas TV Gratia Adur dan Riky Sultana, Selasa (20/10/2020).

Tito menyarankan masyarakat beraktivitas di rumah saja. Seperti membereskan rumah, atau membereskan lingkungan. "Karena prediksi BMKG ada gangguan banjir, longsor. Nah, itu yang harus diperhatikan," imbuhnya.

Baca Juga: Libur Panjang Selama 5 Hari Akhir Bulan Ini, Tito Karnavian: Jangan Pergi ke Puncak dan Bandung

Namun jika masyarakat bersikukuh untuk ke luar kota dengan tujuan mudik atau apapun, Tito mengimbau untuk melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu.

"Saya imbau untuk lakukan tes Covid, baik PCR atau rapid test. Tapi saya mendorong lebih baik PCR. Karena lebih akurat daripada rapid test," ujarnya.

Penulis : Hariyanto Kurniawan

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:50
STAFSUS MENAG KEVIN HAIKAL PASTIKAN MENAG FACHRUL RAZI SEHAT, TAK BENAR KEMBALI POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA NILAI PEMBELAJARAN TATAP MUKA BERISIKO TINGGI PENULARAN COVID-19   KPK AKAN GANDENG PPATK TELUSURI ALIRAN DANA DALAM KASUS SUAP IZIN EKSPOR BIBIT LOBSTER YANG MENJERAT MENTERI KP   RUMAH SAKIT KHUSUS INFEKSI PULAU GALANG, RIAU, PER 2 DESEMBER RAWAT 335 PASIEN POSITIF COVID-19   KEMENTERIAN PPPA: ANAK DENGAN HIV/AIDS PERLU DUKUNGAN MASYARAKAT    JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, PEMKAB BOYOLALI TAMBAH RS RUJUKAN COVID-19   KEMENDAGRI YAKIN KINERJA PEMPROV DKI TAK TERGANGGU MESKI GUBERNUR DAN WAGUB POSITIF COVID-19   KAPOLRI PERINTAHKAN KORPS KEPOLISIAN PERAIRAN & UDARA AMANKAN DISTRIBUSI KOTAK SUARA PILKADA DI WILAYAH KEPULAUAN   PEMKOT BEKASI SIAPKAN 26 POMPA AIR PORTABEL UNTUK CEGAH BANJIR    MENDAGRI BENTUK TIM KHUSUS UNTUK PANTAU PELAKSANAAN PILKADA 2020    MENTERI BUMN ERICK THOHIR MASIH TUNGGU KEPUTUSAN MENKES SOAL PEMBUKAAN PENDAFTARAN VAKSIN MANDIRI    MENTERI BUMN: PEMERINTAH PASTIKAN DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA DILAKUKAN BERTAHAP    MENTERI BUMN: RENCANA PEMERINTAH VAKSINASI COVID-19 TERHADAP 70 PERSEN PENDUDUK SUDAH SESUAI STANDAR WHO   GUBERNUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA TENGAH PERSIAPKAN PEMBENTUKAN SATGAS VAKSINASI COVID-19 DI JATIM