Kompas TV regional berita daerah

Bantuan Uni Eropa 19,2 Miliar Rupiah untuk Yogyakarta dan NTT, Buat Apa?

Selasa, 20 Oktober 2020 | 22:04 WIB
bantuan-uni-eropa-19-2-miliar-rupiah-untuk-yogyakarta-dan-ntt-buat-apa
Perkembangan Covid-19 di Dunia & Pelindungan WNI per 17/10 pkl 08.00 WIB. (Sumber: Twitter @Kemlu_RI)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi dua provinsi di Indonesia yang mendapat dana bantuan dari Uni Eropa. Bantuan senilai 1,1 juta euro atau Rp 19,2 miliar itu digunakan untuk mengatasi kelompok rentan yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan itu diimplementasikan melalui proyek I AM SAFE: Inclusive Access to Multi-Sectoral Services and Assistances for Everyone yang diluncurkan Humanity & Inclusion (HI) dan CIS Timor serta perkumpulan Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB), Rabu (21/10/2020).

Selama 18 bulan periode proyek berjalan, kelompok rentan, seperti, penyandang disabilitas, lansia, orang dengan penyakit tidak menular (PTM), perempuan hamil dan menyusui,  serta kelompok miskin akan  mendapatkan manfaat dari  layanan inklusif yang dirancang untuk membangun ketahanan dan kemampuan mereka dalam menghadapi krisis. Selain itu, proyek juga akan berkolaborasi dengan organisasi masyarakat sipil, organisasi penyandang disabilitas dan dinas-dinas terkait untuk merumuskan Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan krisis yang inklusif.

“Tanpa pendekatan strategis dan dengan berbagai kendala yang ada, kelompok rentan akan menjadi  orang yang paling rentan tertular Covid-19”, ujar Swetika Eko Saptyono, Country Coordinator HI Indonesia, dalam siaran persnya.

Baca Juga: 3 Jalur Ditutup Akibat Unjuk Rasa Tolak UU Cipta Kerja di Yogyakarta

Bantuan Uni Eropa melalui proyek I AM SAFE mendapat apresiasi Bupati Sleman, Sri Purnomo. Ia menilai proyek Proyek I AM SAFE yang dilaksanakan oleh Humanity & Inclusion bekerjasama dengan SIGAB sejalan dengan program pencegahan yang dilakukan di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Kami berharap dengan tersedianya komunikasi risiko yang inklusif, proyek  ini  dapat  memberikan kontribusi  terhadap perubahan  perilaku  masyarakat  Sleman,” tuturnya.

Penulis : Switzy Sabandar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:52
PEMERINTAH KOREA SELATAN TARGETKAN 70 PERSEN POPULASI SUDAH DIVAKSINASI SEPTEMBER MENDATANG   TIM GRESINI RACING RESMI GANDENG DUCATI DI MOTOGP MUSIM DEPAN DENGAN DURASI KONTRAK DUA TAHUN   TIM MERCEDES AMG F1 BERHARAP TAMPIL DOMINAN DI SIRKUIT PAUL RICARD AKHIR PEKAN INI   UKRAINA BUNGKAM MACEDONIA UTARA DENGAN SKOR 2-1 DI LAGA LANJUTAN GRUP C PIALA EROPA 2020   PERTANDINGAN DENMARK KONTRA BELGIA AKAN DILAKUKAN PENGHORMATAN UNTUK CHRISTIAN ERIKSEN PADA MENIT KE-10   PERSATUAN SEPAK BOLA DENMARK UMUMKAN GELANDANGNYA, CHRISTIAN ERIKSEN, AKAN DIPASANG ALAT PACU JANTUNG   PETENIS RAFAEL NADAL MUNDUR DARI WIMBLEDON DAN OLIMPIADE TOKYO KARENA ALASAN KESEHATAN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE SEBUT WILAYAHNYA DALAM KONDISI DARURAT KARENA RS RUJUKAN KORONA TERISI 74 PERSEN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE: BELAJAR TATAP MUKA KEMUNGKINAN BESAR DITUNDA KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   PEMKOT TANGERANG AKAN GUNAKAN RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL MILIK DINSOS JADI RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)   PEMPROV JATENG TAMBAH RSJD DR AMINO GONDOHUTOMO, SEMARANG, DAN RSUD KELET, JEPARA, SEBAGAI RS RUJUKAN COVID-19   KASUS POSITIF KORONA NAIK, OMBUDSMAN JAKARTA RAYA IMBAU PEMPROV DKI TARIK REM DARURAT PENANGANAN COVID-19   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS DORONG PEMERINTAH TERAPKAN LAGI PSBB GUNA TEKAN PENYEBARAN COVID-19   PANGLIMA TNI: PEMERINTAH SEDANG SIAPKAN PROGRAM 1 JUTA VAKSINASI PER HARI YANG AKAN DISEBAR DI 100 TITIK DI INDONESIA