Kompas TV internasional kompas dunia

Seekor Penyu Putih Langka Ditemukan Menetas Di Pantai Carolina Selatan

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 21:19 WIB
seekor-penyu-putih-langka-ditemukan-menetas-di-pantai-carolina-selatan
Sekelompok relawan yang tengah memeriksa sarang penyu di pantai Carolina Selatan menemukan seekor bayi penyu putih yang menetas, merangkak di atas pasir (Sumber: Kiawah Island, SC )
Penulis : Agung Pribadi

South Carolina, Kompas TV - Sekelompok relawan yang tengah memeriksa sarang penyu di pantai Carolina Selatan menemukan sebuah pemandangan langka.

Seekor penyu putih yang menetas merangkak di atas pasir.

Kiawah Island, SC pun mengunggah di halaman Facebook-nya bahwa Patroli Penyu di Pulau Kiawah berhasil menemukan seekor bayi penyu putih tunggal pada hari Minggu, seperti dilansir AP.  

Dalam unggahan foto tersebut menunjukkan penyu kecil berwarna putih krem, bukan abu-abu atau hijau yang lebih khas dari penyu laut.

Lou Barndt, seorang pengunjung laman FB mengatakan, "Wow luar biasa, terima kasih telah berbagi penemuan khusus!"

Town of Kiawah Island juga mengatakan bahwa tukik temuan ini diyakini memiliki kondisi genetik yang disebut leukisme, yang menyebabkan hewan memiliki pigmentasi yang berkurang.

Namun demikian leukisme berbeda dari albinisme karena hewan albino benar-benar kehilangan pigmen, membuat mereka benar-benar putih dengan mata merah atau merah muda," jelas petugas setempat.

Seekor bayi penyu putih merangkak diatas pasir dan bergegas menuju laut lepas. (Sumber: Kiawah Island, SC )

Kondisi ini digambarkan sebagai sangat langka, tetapi tidak ada laporan maupun data yang jelas, tentang seberapa sering penyu tersebut ditemukan di alam liar.

The Olive Ridley Project, sebuah kelompok konservasi penyu, mengatakan penyu laut yang mengidap leukisme biasanya sulit bertahan hidup karena sulitnya melakukan kamuflase.

Selain itu, tubuh tukik yang sangat kecil juga membuatnya mudah dimangsa karena mudah terlihat oleh predator



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x