Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Indonesia Kantongi Utang dari Jepang 50 Miliar Yen

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 20:52 WIB
indonesia-kantongi-utang-dari-jepang-50-miliar-yen
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana menyambut kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020). (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Dyah Megasari

BOGOR, KOMPASTV. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor, menyatakan, Jepang akan memberikan pinjaman sebesar 50 miliar yen untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana di Indonesia.

Dalam hal ini, Jepang akan mendorong lembaga pengkajian kesehatan di Indonesia melalui pemberian barang dan peralatan medis.

Baca Juga: Jokowi Sambut Kunjungan Pertama PM Jepang Yoshihide Suga ke Indonesia di Istana Bogor

Sebelumnya,Presiden  Joko Widodo memang sudah mengatakan bahwa salah satu pembahasan yang dilakukan dalam pertemuan tersebut mengenai kerja sama pengelolaan pandemi Covid-19.

Selain pembahasan pinjaman, Jepang menyatakan komitmen investasi di infrastruktur seperti pembangunan MRT, kereta semi cepat jalur Jakarta-Surabaya, pembangunan dan pengolahan pelabuhan Patimban, pembangunan pulau-pulau terluar serta kerja sama untuk meningkatkan ketahanan ekonomi.

Bagi Indonesia, Jepang adalah investor langsung peringkat empat terbesar. Realisasi investasi Jepang sampai kuartal dua lalu, mencapai USD 608,7 juta, pada 2.480 proyek. (Dyah Megasari)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x