Kompas TV nasional peristiwa

Demo UU Cipta Kerja Hari Ini, Polisi Amankan 33 Orang

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 20:42 WIB
demo-uu-cipta-kerja-hari-ini-polisi-amankan-33-orang
Demonstrasi buruh dan mahasiswa menolak UU Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda. (Sumber: Capture Youtube Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian mengamankan 33 orang yang akan bergabung dalam aksi unjuk rasa buruh dan mahasiswa menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja).

"Sampai saat ini ada sekitar 33 orang yang kami amankan. Ini kami amankan, bukan kami tangkap," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di kawasan Patung Kuda, seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV Thifal Solesa dan Yohan Bhagja, Selasa (20/10/2020).

Puluhan orang tersebut tanpa identitas kelompok ini, diduga akan bergabung dengan massa buruh dan mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa pada siang hingga sore tadi. Mereka ditangkap di sekitar kawasan Monas.

Mereka kini diamankan di Polres Jakarta Pusat. Kepolisian masih melakukan pemeriksaan terhadap puluhan orang ini, terkait motif mereka untuk ikut dalam aksi unjuk rasa.

Baca Juga: Demo Hari Ini, Massa Mahasiswa dan Buruh Desak Jokowi Cabut UU Cipta Kerja, Terbitkan Perppu

Terkait kondisi aksi unjuk rasa pada hari ini, Nana bersyukur keterlibatan pelajar ataupun kelompok Anarko sudah berkurang.

"Sementara, alhamdulillah sampai saat ini untuk keterlibatan para pelajar ataupun kelompok anarko tidak sebesar beberapa hari sebelumnya," ungkap Nana.

Pada hari ini, diungkap Nana, pihak keamanan diperkuat oleh 10 ribu personel. Aparat keamanan melakukan pengamanan, tidak hanya mengawal aksi unjuk rasa, namun juga obyek-obyek vital dan sentra-sentra ekonomi.

"Ini dalam rangka untuk mengantisipasi, jangan sampai aksi ini didompleng ataupun ditumpangi oleh kelompok-kelompok yang anti kemapanan," katanya.

Demo UU Cipta Kerja Hari Ini Relatif Kondusif

Massa buruh dari Gabungan Serikat Buruh Seluruh Indonesia (GBSI), dan massa mahasiswa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), mulai membubarkan diri dari kawasan Patung Kuda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x