Kompas TV regional berita daerah

Penobatan Raja Allang Dilakukan Dengan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 17:34 WIB
Penulis : KompasTV Ambon

MALUKU TENGAH,KOMPAST.TV-Tradisi pelantikan raja atau pemimpin pemerintahan di tingkat desa adat di Maluku selalu menarik perhatian warga. Namun disaat situasi pendemi covid-19 prosesi adat tentunya harus mengedepankan protol kesehatan.

Seperti pada saat prosesi adat penobatan dan pengukuhan Oktovianus Eduard Patty sebagi raja atau pimpinan negeri di Desa Allang Kecamatan Leihitu Barat di Baileo Latu Suli Siwa Hina Alane, (senin 20/10/2020). Yang di hadiri oleh Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah dan perwakilan undangan dari petinggi Tni Polri. Meski desa terebut merupakan zona hijau, namun bagi pejabat dan pendukung acara yang datang dari luar desa diwajibkan menggunakan masker.

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dalam sambutanya berpesan agar Raja Negeri Alang yang baru dinobatkan bisa bersama-sama membantu pemerintah dalam kampanye pencegahan penularan covid-19 dan memilihkan perekonomian masyarakat desa.

Oktovianus Eduard Patty Raja Negeri Alang yang dikukuhkan mengaku kedepanya ada banyak program yang akan dilakukan bersama Pemerintah Desa terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terdampak pendemi covid-19 seperti petani dan nelayan yang kehilangan pendapatan akibat dampak pendemi covid-19.

Suasana kekerabatan dan persaudaraan dalam tatanan adat saat dalam pelantikan Raja Desa Allang ini juga terlihat saat gandong Negeri Alang dari Larike dan Negeri Lima yang mayoritas merupakan penganut agama muslim turut mengambil bagian dalam prosesi pengukuhan yang diakhiri dengan tradisi mengarak raja mengelilingi kampung dengan kursi raja yang disiapkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x