Kompas TV regional berita daerah

Harga Bawang Merah di Semarang Merangkak Naik

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 15:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Harga bawang merah di pasar tradisional Kota Semarang terpantau terus mengalami kenaikan. Dari pantauan di Pasar Tradisional Peterongan, Kota Semarang, harga bawang merah diketahu mengalami kenaikan dalam kurun waktu seminggu terakhir. Bawang merah yang sebelumnya harganya 25 ribu rupiah satu kilogram, kini naik 10 ribu rupiah atau naik sekitar 30 persen menjadi 35 ribu rupiah perkilogram.

Para pedagang mengaku tidak mengetahui pasti penyebab kenaikan harga ini. Namun mereka menduga karena pengaruh cuaca yang saat ini telah memasuki musim penghujan.

Kartini pedagang bawang merah mengatakan, harganya 35 ribu satu kilogram, sebelumnya  25 ribu sampai 30 ribu rupiah. Kenaik harga sekitar seminggu ini, dengan naik sedikit demi sedikit. Penyebab keniakan karena hujan, banyak yang rusak dan yang ukuran kecil tidak laku.

Memasuki musim penghujan, curah hujan di beberapa daerah saat ini intensitasnya tinggi, termasuk terjadi di sentra-sentra pertanian bawang merah, yang menjadikan panen tidak optimal.

#BawangMerah #PasarTradisional #MusimHujan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x