Kompas TV nasional aiman

Benarkah Ada Orkestrasi Saat Demo Tolak UU Cipta Kerja? - AIMAN (Bag 3)

Selasa, 20 Oktober 2020 | 01:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja oleh DPR pada 5 Oktober lalu, direspons dengan unjuk rasa masif di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini dipicu adanya penolakan terhadap beberapa pasal di UU Cipta Kerja yang telah disahkan. Salah satunya terkait uang pesangon dan penghapusan pasal mengenai perjanjian kerja waktu tertentu. 

Hal ini lantas menimbulkan pro dan kontra, termasuk di dalamnya gelombang unjuk rasa di berbagai daerah yang berakhir ricuh. Mirisnya, ada pola yang berulang. Adanya pendemo yang masih berusia pelajar dan ditemukannya massa pendemo bayaran. Serta adanya ambulans yang diduga membawa pasokan amunisi berupa batu untuk membuat keonaran saat unjuk rasa berlangsung. 

Benarkah ada orkestrasi saat demonstrasi berlangsung? Siapakah dalang di balik aksi ini? 

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono menelusuri sisa aksi demonstrasi di Halte Bus Transjakarta Bunderan HI, Jakarta Pusat. Aiman juga mencari tahu adakah benang merah terkait pola berulang dalam aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh dan akankah pola ini akan terjadi kembali di masa mendatang?  

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:18
TERLIBAT KUDETA TERHADAP PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN, LEBIH DARI 300 ORANG DIHUKUM PENJARA SEUMUR HIDUP   DESAK DPR SAHKAN RUU PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL, AMNESTY INTERNATIONAL AKAN SERAHKAN 3.352 SURAT DARI MASYARAKAT   AUSTRALIA PECAT 10 TENTARA PASUKAN KHUSUS KARENA TERLIBAT DALAM PEMBUNUHAN DI AFGHANISTAN   TIONGKOK SEPAKAT UNTUK MEMBELI 200 JUTA TON BATUBARA INDONESIA SENILAI RP 20,6 TRILIUN PADA 2021   KPU KOTA SEMARANG SIAPKAN 1,2 JUTA LEMBAR SURAT SUARA UNTUK PILKADA 2020   KPU KARAWANG, JAWA BARAT, KEKURANGAN 2.243 SURAT SUARA UNTUK PILKADA 2020   KANTOR DINKES JEMBER, JATIM, DITUTUP SEMENTARA KARENA 3 PETUGAS POSITIF TERINFEKSI KORONA   12 SAKSI TELAH DIPERIKSA, POLDA JABAR SEGERA TETAPKAN TERSANGKA KASUS KERUMUNAN RIZIEQ SHIHAB DI MEGAMENDUNG, BOGOR   PIMPINAN FPI RIZIEQ SHIHAB DIRAWAT DI RUMAH SAKIT UMMI BOGOR   POLRES JAKARTA SELATAN TANGKAP 26 TERSANGKA KASUS NARKOBA DALAM SEPEKAN TERAKHIR   DISDIK KOTA BEKASI: SIMULASI KBM TATAP MUKA UNTUK PAUD, SD, SMP MULAI DILAKUKAN PADA 18 JANUARI 2021   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA LAKUKAN SIMULASI SEBELUM SEKOLAH GELAR KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR TATAP MUKA   KEPALA BPOM PENNY LUKITO MENYATAKAN VAKSIN KORONA SINOVAC MEMENUHI SYARAT UNTUK MENDAPAT LABEL HALAL   SATGAS COVID-19 SEBUT JADWAL VAKSINASI KORONA BERGANTUNG PADA HASIL UJI KLINIS DAN KAJIAN BPOM