Kompas TV video cerita indonesia

Belum Ada Data Tentang Berapa Lama Daya Tahan Imunitas yang Diberikan Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 21:15 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Dirjen P2P Kemkes RI) Achmad Yurianto, memberikan informasi bahwa pemerintah belum memiliki data tentang berapa lama daya tahan imunitas yang diberikan dari penggunaan vaksin Covid-19. 

Dirjen P2P Kemkes RI Achmad Yurianto menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI pada hari Senin (19/10/20).

Baca Juga: Achmad Yurianto: Vaksin Tidak Boleh Dianggap Sebagai Penyelesaian Akhir

"Sampai dengan hari ini kita masih belum memiliki data, meskipun kita himpun dari berbagai informasi di jurnal internasional, tentang berapa lama daya tahan imunitas yang diberikan, yang dimunculkan dari penggunaan vaksin ini", ujar Yuri. 

Baca Juga: Pemerintah Identifikasi Beberapa Jenis Vaksin Covid yang Masuk Indonesia

Namun Yurianto menyebut ada beberapa spekulasi tentang daya tahan vaksin Covid-19 yang mampu memberikan kekebalan antara 6 bulan hingga 24 bulan.

"Kita belum punya data untuk vaksin Covid ini berapa lama. Secara teori memang ada yang menyebutkan daya tahannya antara 6 bulan sampai 24 bulan. Artinya kalo kita ambil tengahnya adalah satu tahun, maka sangat penting kemampuan vaksin merah putih untuk segera bisa diproduksi dan digunakan dengan baik", tutup Yuri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x