Kompas TV regional berita daerah

Hanya dengan Tunjukkan KTP, Warga Bisa Dapat 25 Bibit Gratis!

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 17:27 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

KOMPAS.TV - Untuk membantu warga di sektor pertanian, persemaian permanen balai pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Membagikan bibit gratis, kepada masyarakat. Warga hanya perlu menunjukkan ktp, dan kemudian bisa membawa pulang 25 bibit gratis.

Kantor persemaian permanen balai pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada hari minggu kemarin, didatangi oleh sejumlah warga.

Mereka datang untuk mendapatkan bibit tanaman secara gratis. Dan tak tanggung tanggung, hanya dengan menunjukkan KTP saja, warga boleh membawa bibit tanaman hingga 25 jenis.

Bibit tanaman yang bisa dipilih yakni,  alpukat, durian, rambutan, dan jambu untuk ditanam di kebun, ataupun pekarangan rumah. Diharapkan bila nantinya panen hasil buahnya bisa dijual untuk menambah pendapatan perekonomian warga.

Selain itu, banyak juga warga yang mengambil bibit pohon seperti trembesi, jati, dan mahoni, untuk dimanfaatkan agar lahan pertanian tidak longsor, biasanya digunakan untuk yang berada di tepi sungai.

Warga mengaku senang, karena di masa pandemi ini, banyak warga yang ingin bercocok tanam, tetapi tak mampu untuk membeli bibit.

Persemaian permanen balai pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung, telah menyiapkan satu juta bibit yang disebar di sejumlah kota, yakni Brebes, Jepara, dan Kabupaten Semarang.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x