Kompas TV regional berita daerah

Tiga Orang Pengedar Uang Palsu Dibekuk Polisi

Senin, 19 Oktober 2020 | 08:23 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Tiga pelaku pengedar uang palsu ini diamankan polisi di wilayah Polsek Songgom, saat akan melakukan transaksi di sebuah minimarket. Ketiga pelaku yang diamankan yakni Riharjo, Kustari dan Slamet Riyadi ketiganya warga sumber Cirebon. 

Sebanyak 4.973 lembar uang palsu pecahan seratus ribu rupiah disita Satreskrim Polres Brebes, Jawa Tengah, kamis sore, sebagai barang bukti. Barang bukti tersebut didapatkan petugas setelah melakukan penggeledahan di dalam mobil yang dikendarai oleh tersangka.

Salah seorang pelaku mengatakan, uang palsu tersebut diperoleh dari temannya. Ia hanya disuruh untuk mengantarkan uang tersebut ke seseorang yang telah memesan sebelumnya. Tersangka mengaku diberi imbalan 12 juta lima ratus ribu rupiah setelah uang palsu tersebut sampai di tangan pemesannya.

Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto mengatakan, modus yang dilakukan pelaku yakni dengan cara mengedarkannya uang palsu kepada orang yang menjadi target atau orang yang sudah memesan sebelumnya. Beruntung sebelum diedarkan, ketiganya telah dibekuk polisi. Polisi mencurigai sebuah mobil sedang yang berhenti di depan minimarket. Setelah diperiksa bagasinya ternyata ditemukan ribuan lembar uang kertas pecahan seratus ribu palsu.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan bank indonesia perwakilan Tegal, dinyatakan uang tersebut palsu karena memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda dengan uang asli. Diantaranya tanda air yang tidak berpendar, jika diraba tidak kasar dan mikroteks dalam uang yang tidak terbaca. Akibat perbuatannya, ketiga pelaku dijerat UU nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. Polisi masih mendalami dari mana uang palsu tersebut dan akan diedarkan kemana.

Penulis : KompasTV Pekalongan



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:37
KADIS KESEHATAN KABUPATEN SLEMAN SEBUT RUANG ICU RS RUJUKAN COVID-19 PENUH   FERDINAND HUTAHAEAN DAN RUDI S KAMRI DILAPORKAN ATAS DUGAAN PENCEMARAN NAMA BAIK JUSUF KALLA   PUTRI JUSUF KALLA, MUSWIRAH, LAPORKAN FERDINAND HUTAHAEAN DAN RUDI S KAMRI KE BARESKRIM POLRI   PRESIDEN JOKOWI TERIMA 18 NAMA CALON ANGGOTA OMBUDSMAN   BERSAKSI DI PERSIDANGAN, DOKTER UNGKAP BIAYA PERAWATAN JAKSA PINANGKI CAPAI RP 100 JUTA PER TAHUN   GUBERNUR RIDWAN KAMIL IMBAU WISATAWAN TIDAK BERKUNJUNG KE BANDUNG RAYA KARENA ZONA MERAH COVID-19   DINKES DKI SEBUT DARI 437 ORANG YANG DITES USAP, 24 POSITIF COVID-19, 296 NEGATIF, & 117 MASIH TUNGGU HASIL   DINKES DKI TES USAP 437 ORANG YANG KONTAK DENGAN GUBERNUR ANIES BASWEDAN & WAGUB AHMAD RIZA PATRIA   KASATPOL PP DKI MENGAKU MENJAWAB 53 PERTANYAAN PENYIDIK SOAL KERUMUNAN DI ACARA RIZIEQ SHIHAB   BAWASLU NTT LAPORKAN LOGISTIK PILKADA SABU RAIJUA TERSASAR KE KPU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA   KPK GELEDAH RUMAH DINAS MANTAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN EDHY PRABOWO   POLRI MENILAI DEKLARASI PEMERINTAHAN SEMENTARA PAPUA BARAT OLEH BENNY WENDA BENTUK PROVOKASI & PROPAGANDA   PRESIDEN JOKOWI TUNJUK MENTAN SYAHRUL YASIN LIMPO SEBAGAI MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN SEMENTARA   KPU MENGATAKAN PETUGAS DI TPS AKAN DIBERI APD TIGA MACAM YAITU "FACE SHIELD", MASKER, DAN SARUNG TANGAN