Kompas TV kuliner cerita rasa

Kantin Blauran Cipete, Macam Makanan Khas Surabaya

Kompas.tv - 20 Oktober 2020, 13:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Awalnya resep masakan Indonesia disampaikan turun-temurun melalui lisan, sehingga resep masakan seringkali sulit ditelusuri atau hilang karena pewarisan yang meninggal.

Santhi serad melalui organisasi Aku cinta makanan Indonesia (ACMI) berusaha melestarikan dan mendokumentasikan kekayaan kuliner Indonesia sekaligus mempromosikannya secara nasional dan internasional.

Wanita kelahiran Bandung ini punya ketertarikan khusus pada rempah dan herbal. Benoe mengajak mba Santhi Serad menuju Kantin Blauran yang terletak di Jalan Cipete Raya.

Meskipun letaknya persis di depan jalan Fatmawati, namun kesan rumahan kental terasa di sini. Foto-foto tempo dulu plus pajangan antik terpajang di dinding.

Belum lagi dekorasi dan furnitur klasik yang masih dipertahankan. Yang mencolok adalah TV flat modern berukuran lumayan besar di bagian tengah.

Dilihat sekilas, rawonnya berisi irisan daging sapi dengan irisan yang besar-besar, lalu disiram dengan kuah hitam pekat yang menebarkan aroma sedap. Bikin penasaran!

Benoe pun mencicip kuahnya yang masih mengepul hangat. Hmm, gurih enak! Rasa asin gurihnya tak berlebihan dan pas, dengan aroma dan rasa khas kluwek yang khas. Jangan lupa tuangkan kecambah yang disediakan dan juga sedikit sambal jika suka pedas.

Yang istimewa, potongan daging sapinya dipilih yang tanpa lemak dengan irisan yang besar-besar. Dijamin bikin puas! Rasanya empuk lezat dengan rasa kuah yang sudah meresap hingga ke dalam karena proses pemasakan yang lama. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x