Kompas TV regional berita daerah

Desa Pinge Suguhkan Keindahan Alam dan Budaya Bali

Minggu, 18 Oktober 2020 | 11:16 WIB

TABANAN, KOMPAS.TV - Desa Pinge merupakan kawasan desa wisata yang sudah hadir sejak 2004 silam. 

Mulai tahun 2016, desa ini menjadi salah satu kawasan wisata yang didukung oleh Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC. 

Dukungan tersebut melibatkan peningkatan pelayanan, pelatihan warga, serta pembangunan infrastruktur di kawasan ini.

Untuk mencapai desa di Kabupaten Tabanan ini, wisatawan bisa menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari bandara Internasional Ngurah Rai.

Dalam menyambut wisatawan setelah masa pandemi mereda nanti, Desa Pinge pun juga sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti sejumlah protokol kesehatan yang ketat.

Dimulai dari protokol mencuci tangan dan pemeriksaan suhu saat memasuki kawasan atau setiap memulai kegiatan. Hingga proses disinfektikasi terhadap kamar-kamar yang disewakan.

Desa Pinge yang berarti putih dalam bahasa Bali ini menawarkan beragam aktivitas dengan nuansa pedesaan. Seperti latihan menari bersama penduduk desa ini misalnya.

Untuk bisa merasakan suasana asri di desa ini, kita bisa mengikuti aktivitas tracking yang akan membawa wisatawan berkeliling desa. 

Selama perjalanan, kita akan disuguhkan hamparan hijau dari sawah dan warna warni bunga pacar air serta gemitir.
 
Di ladang bunga ini, peserta juga dipersilahkan untuk ikut belajar memetik bunga bersama warga sekitar.  

Bunga tersebut nantinya akan dikumpulkan untuk dibuat canang yaitu persembahan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Selain wisata budaya dan alam, pengunjung juga wajib untuk merasakan wisata sejarah di desa ini.

Berbekal dengan canang yang sudah dibuat, mengunjungi pura natar jeneng bisa menjadi destinasi penutup di kawasan ini.

Sambil memberi persembahan, kita juga bisa melihat berbagai koleksi benda purbakala di pura yang dibangun pada abad ke 14 ini. 

Beragam bentuk lingga dan yoni terpajang di atas pilar-pilar yang mengitari pura tersebut.
 


 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:10
KPK AJUKAN BANDING ATAS VONIS BUPATI NONAKTIF SOLOK SELATAN MUZNI ZAKARIA   MENKO POLHUKAM SEBUT INDONESIA DAN AUSTRALIA PERTEGAS KERJA SAMA DI BIDANG HUKUM DAN KEAMANAN   PERIKSA CHAIRUMAN HARAHAP, KPK DALAMI SOAL PENYUSUNAN DAN PENGESAHAN ANGGARAN PROYEK KTP ELEKTRONIK   KPK PERIKSA MANTAN KETUA KOMISI II DPR CHAIRUMAN HARAHAP SEBAGAI SAKSI KASUS KTP ELEKTRONIK   KEPALA SEKRETARIAT KSP AKAN MELAPOR KE KPK SOAL PRESIDEN JOKOWI YANG MENDAPAT SEPEDA LIPAT   KEMENAG TEGASKAN DANA BANTUAN BAGI PESANTREN TIDAK BOLEH DIPOTONG   GUBERNUR DIY SULTAN HAMENGKUBUWONO X PERSILAKAN ASN UNTUK KE LUAR DAERAH SAAT LIBUR PANJANG   POLRI MENGATAKAN SENJATA YANG DIDUGA DIPERJUALBELIKAN OKNUM BRIMOB BUKAN SENJATA ORGANIK ATAU DINAS   SEKRETARIS UMUM PP MUHAMMADIYAH: MAULID NABI SEBAIKNYA TIDAK ADA SEREMONIAL YANG HADIRKAN BANYAK ORANG   KUASA HUKUM BAHAR BIN SMITH SEBUT KLIENNYA BERENCANA AJUKAN PRAPERADILAN ATAS STATUS TERSANGKA BARU   POLDA JABAR TETAPKAN BAHAR BIN SMITH SEBAGAI TERSANGKA KASUS PENGANIAYAAN SECARA BERSAMA-SAMA   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19: KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA NAIK 19 PERSEN DI PEKAN KETIGA OKTOBER 2020   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MEMPREDIKSI LIBUR PANJANG AKAN BERDAMPAK PADA KENAIKAN KASUS POSITIF COVID-19   PEMKOT BEKASI, JABAR, KEMBALI IZINKAN BIOSKOP BEROPERASI DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PEKAN INI