Kompas TV nasional sapa indonesia

Intip Kesiapan Jakarta Hadapi Banjir

Minggu, 18 Oktober 2020 | 10:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemrpov DKI sudah merencanakan beberapa cara kemungkinan menyelamatkan Jakarta dari banjir.

Pertama program Gerebek Lumpur, program ini mengeruk lumpur di sungai ataupun lumpur di selokan air.

Kedua penambahan pompa-pompa, dan yang ketiga adalah menggerakan masyarakat dalam konteks siap, tanggap dan melakukan gerakan bersama.

Hujan deras yang terjadi di sebagian wilayah Indonesia beberapa pekan terakhir telah mengakibatkan sejumlah bencana, seperti banjir dan longsor. 

Di Ibukota Jakarta, banjir dengan ketinggian bervariasi menggenangi sejumlah titik pada Jumat malam lalu, menyusul hujan deras sejak sore. 

Diantaranya, banjir setinggi 70 sentimeter menggenangi ruas Jalan Patra, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, hingga memutus akses jalan.  

Sementara, di Jatinegara, Jakarta Timur, hujan deras disertai angin kencang menumbangkan sebuah pohon dan mengakibatkan sedikitnya delapan rumah warga rusak.

Hasil pemantauan badan meteorologi klimatologi dan geofisika menyebutkan, kenaikan curah hujan akan terjadi sebanyak 40 persen dari kondisi normal, sebagai dampak La Nina.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah bersiaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir serta dampaknya. 

Mulai dari pengerukan sungai, hingga pengecekan kelaikan pompa air, hingga berkoordinasi dengan pihak terkait.

Gubernur jakarta anies baswedan dalam apel kesiagaan tanggap bencana banjir beberapa waktu lalu menyatakan tiga kunci penanganan banjir di Jakarta, yaitu siaga, tanggap dan galang.

Puncak La Nina diprediksi akan terjadi pada akhir tahun 2020 hingga awal 2021. 

Segala antisipasi dan persiapan yang dilakukan diharapkan dapat mengurangi dampak banjir dan bencana lainnya.
 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:28
NASA DAN NOKIA BERENCANA BANGUN JARINGAN 4G DI PERMUKAAN BULAN   UNGGAH SWAFOTO SAAT DEMO DI THAILAND BISA DIANCAM HUKUMAN 2 TAHUN PENJARA   SATGAS COVID-19 SEBUT PEMBATASAN MOBILITAS WARGA EFEKTIF TEKAN PENULARAN DAN KEMATIAN AKIBAT KORONA    PEMKAB MAGETAN, JATIM, BELI 1 UNIT MOBIL PCR MELALUI PENGADAAN DANA APBD SEHARGA RP 4 MILIAR   BUPATI BANYUMAS SEBUT GURU AKAN DITES USAP SECARA ACAK DALAM UJI COBA BELAJAR TATAP MUKA DI 3 SEKOLAH   TIGA SEKOLAH DI BANYUMAS, JATENG, MULAI UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DALAM PEKAN INI   KPK LIMPAHKAN BERKAS 3 MANTAN PIMPINAN DPRD JAMBI ATAS KASUS SUAP RAPBD KE PENUNTUTAN AGAR SEGERA DISIDANGKAN   BNPB BERHARAP PEMERINTAH DAERAH ALOKASIKAN DANA DARI APBD UNTUK MERAWAT SUNGAI   MENKOP DAN UKM TETEN MASDUKI: SERTIFIKASI HALAL BISA TINGKATKAN OMZET PENJULAN UMKM   WAMEN BUMN KARTIKA WIRJOATMODJO PREDIKSI PENYALURAN KREDIT PERBANKAN AKAN MULAI BANGKIT PADA KUARTAL IV-2020   STASIUN MRT JAKARTA BUNDARAN HI TELAH DIBUKA KEMBALI DAN LAYANI PERJALANAN MALAM SETELAH MASSA DEMO BUBARKAN DIRI   BLOKADE KAWAT DURI DI JALAN MEDAN MERDEKA BARAT, JAKARTA PUSAT, DIBUKA SETELAH MASSA DEMO BUBARKAN DIRI   MENLU RETNO DAN MENLU JEPANG AKAN BAHAS SECARA DETAIL SOAL PEMBUKAAN PERJALANAN BISNIS KEDUA NEGARA DI TENGAH PANDEMI   PRESIDEN JOKOWI DAN PM JEPANG YOSHIHIDE SUGA SEPAKAT BUKA PERJALANAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI KORONA   

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcache' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: