Kompas TV internasional kompas dunia

Jepang dan AS Lakukan Pembicaraan Penguatan Militer

Minggu, 18 Oktober 2020 | 05:50 WIB
jepang-dan-as-lakukan-pembicaraan-penguatan-militer
Kapal induk termahal milik Angkatan Laut AS, USS Gerald F Ford. (Sumber: www.diseno-art.com via Kompas.com)

KOMPAS.TV – Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat (AS) sepakat pentingnya penguatan aliansi kedua negara untuk stabilitas di kawasan Asia Pasifik.

Hal itu diungkapkan saat melakukan pembicaraan pembaruan perjanjian pembagian biaya pertahanan bilateral kedua negara.

"Kami berniat melanjutkan perundingan dengan memperhatikan lingkungan keamanan kawasan yang semakin parah, dan situasi fiskal negara kami yang tegang," kata Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi pada konferensi pers Jumat (16/10/2020). Seperti dikutip dari Kyodo.

Baca Juga: KBRI Tokyo Luncurkan “JAIPONG” Dashboard Ekonomi Indonesia - Jepang

Jepang dan Amerika Serikat, lanjut Toshimitsu Motegi, perlu merundingkan kembali anggaran Tokyo untuk menampung militer AS dalam lima tahun mulai April 2021.

Jepang tercatat sudah menanggung hampir 200 miliar yen atau 1,9 miliar dolar AS setiap tahun untuk biaya utilitas, biaya tenaga kerja sipil, dan relokasi latihan militer.

Sebagai imbalannya, sekitar 54.000 tentara Amerika yang ditempatkan di Jepang di bawah perjanjian keamanan yang telah berusia puluhan tahun, wajib melindungi sekutu negara itu.

Penulis : Johannes Mangihot





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:52
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT