Kompas TV internasional kompas dunia

Jepang dan AS Lakukan Pembicaraan Penguatan Militer

Minggu, 18 Oktober 2020 | 05:50 WIB
jepang-dan-as-lakukan-pembicaraan-penguatan-militer
Kapal induk termahal milik Angkatan Laut AS, USS Gerald F Ford. (Sumber: www.diseno-art.com via Kompas.com)

KOMPAS.TV – Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat (AS) sepakat pentingnya penguatan aliansi kedua negara untuk stabilitas di kawasan Asia Pasifik.

Hal itu diungkapkan saat melakukan pembicaraan pembaruan perjanjian pembagian biaya pertahanan bilateral kedua negara.

"Kami berniat melanjutkan perundingan dengan memperhatikan lingkungan keamanan kawasan yang semakin parah, dan situasi fiskal negara kami yang tegang," kata Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi pada konferensi pers Jumat (16/10/2020). Seperti dikutip dari Kyodo.

Baca Juga: KBRI Tokyo Luncurkan “JAIPONG” Dashboard Ekonomi Indonesia - Jepang

Jepang dan Amerika Serikat, lanjut Toshimitsu Motegi, perlu merundingkan kembali anggaran Tokyo untuk menampung militer AS dalam lima tahun mulai April 2021.

Jepang tercatat sudah menanggung hampir 200 miliar yen atau 1,9 miliar dolar AS setiap tahun untuk biaya utilitas, biaya tenaga kerja sipil, dan relokasi latihan militer.

Sebagai imbalannya, sekitar 54.000 tentara Amerika yang ditempatkan di Jepang di bawah perjanjian keamanan yang telah berusia puluhan tahun, wajib melindungi sekutu negara itu.

Editor : Johannes Mangihot

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:04
LEGENDA SEPAK BOLA BRASIL, RONALDINHO, POSITIF TERINFEKSI KORONA   PM BULGARIA BOYKO BORISOV POSITIF TERINFEKSI KORONA   PEMKOT BEKASI SIAPKAN TENDA PENGUNGSIAN BAGI WARGA YANG TERDAMPAK PUTING BELIUNG   BPBD KOTA BEKASI: 176 RUMAH WARGA RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG, 10 DI ANTARANYA RUSAK BERAT   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: UJI EMISI GRATIS BAGI KENDARAAN RODA EMPAT BERBAHAN BAKAR BENSIN DAN SOLAR   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI JAKARTA AKAN MELAKUKAN UJI EMISI GRATIS UNTUK MOBIL PRIBADI MULAI 3 NOVEMBER 2020   BPBD DKI JAKARTA SEBUT ADA POTENSI HUJAN LEBAT DISERTAI PETIR DAN ANGIN KENCANG HINGGA 27 OKTOBER 2020   PT KAI DAOP I JAKARTA INGATKAN PENUMPANG KA JARAK JAUH LAKUKAN TES CEPAT KORONA SEHARI SEBELUM JADWAL KEBERANGKATAN   PT KAI DAOP I JAKARTA: ADA PENINGKATAN LAYANAN TES CEPAT KORONA DI STASIUN GAMBIR DAN PASAR SENEN JELANG LIBUR PANJANG   DITLANTAS POLDA METRO JAYA GELAR OPERASI ZEBRA SELAMA 2 PEKAN KE DEPAN HINGGA 8 NOVEMBER 2020   BESOK, BARESKRIM POLRI PERIKSA 8 TERSANGKA KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG   IDI: SEJAK MARET-OKTOBER 2020, 253 TENAGA KESEHATAN MENINGGAL AKIBAT TERINFEKSI KORONA   IDI: LEBIH DARI SATU SEMESTER PANDEMI KORONA, ANGKA KEMATIAN TENAGA KESEHATAN SEMAKIN MENGKHAWATIRKAN   DUA TERDAKWA KASUS JIWASRAYA YANG DITUNTUT PENJARA SEUMUR HIDUP JALANI SIDANG PUTUSAN VONIS DI PN JAKARTA PUSAT