Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Menteri Pertahanan Mexico, Diduga Kuat Sebagai El Padrino atau Godfather Kelompok Narkotik

Minggu, 18 Oktober 2020 | 00:42 WIB
mantan-menteri-pertahanan-mexico-diduga-kuat-sebagai-el-padrino-atau-godfather-kelompok-narkotik
(Sumber: Foto Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos (Kementerian Pertahanan Meksiko)

MEXICO CITY,KOMPAS.TV – Jenderal Salvador Cienfuegos, mantan Menteri Pertahanan Meksiko 2012–2018,  yang kini ditahan di Los Angeles,  diduga Badan Antinarkotika Amerika Serikat sebagai  ‘El Padrino’ atau ‘the Godfather’ kelompok produsen dan penyelundup narkotika bernama H2 Meksiko.

Seperti dikutip dari the New York Times, agen penegak hukum Amerika mendengarkan ketika anggota kartel Meksiko mengobrol di penyadapan telepon, berbicara tentang sosok kuat misterius yang dikenal sebagai El Padrino, atau "The Godfather".

Agen-agen telah memantau selama berbulan-bulan, mencurigai bahwa tokoh sentral dalam perdagangan narkoba ini adalah pejabat tinggi di militer Meksiko.

Tiba-tiba, salah satu orang yang diawasi memberi tahu sesama anggota kartelnya bahwa El Padrino kebetulan ada di televisi pada saat itu. Agen Amerika Serikat dengan cepat memeriksa untuk melihat siapa itu -dan melihat bahwa orang tersebut adalah sekretaris pertahanan Meksiko, Jenderal Salvador Cienfuegos.

Pada saat itu para penyidik akhirnya memastikan bahwa pelindung misterius dari salah satu kartel narkoba paling kejam di negara itu sebenarnya adalah pemimpin yang bertanggung jawab untuk melancarkan perang Meksiko melawan kejahatan terorganisir.

Dan pada Kamis malam Jenderal Cienfuegos ditahan oleh otoritas Amerika di bandara Los Angeles saat bepergian dengan keluarganya.

Temuan itu sekaligus menunjukan  seberapa dalam  kejahatan terorganisir yang terjadi di Meksiko. Bahkan bagi Meksiko, negara yang sering kali terbiasa dengan kekerasan dan korupsi berpuluh tahun, penangkapan itu sungguh luar biasa. 

Editor : Zaki Amrullah

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:56
PEBALAP MERCEDES LEWIS HAMILTON JUARAI FORMULA 1 GRAND PRIX PORTUGAL DI SIRKUIT PORTIMO   CAPRES AS DARI PARTAI DEMOKRAT, JOE BIDEN, TIDAK INGIN MENGGELAR KAMPANYE AKBAR YANG MEMICU KERUMUNAN   RAJA MALAYSIA SULTAN ABDULLAH AHMAD SHAH TEGASKAN PENETAPAN DARURAT NASIONAL TIDAK DIPERLUKAN   KEMENTERIAN HAJI DAN UMRAH ARAB SAUDI TERBITKAN LEBIH DARI 650.000 IZIN UMRAH ELEKTRONIK SELAMA PANDEMI KORONA   POLDA KALIMANTAN TENGAH RENOVASI RUMAH ADAT UNTUK LESTARIKAN BUDAYA DAYAK   KADIV HUMAS POLRI MENGATAKAN DARI 113 ANGGOTA POLRI YANG DIPECAT, 80 PERSEN TERLIBAT KASUS NARKOTIKA   KADIV HUMAS POLRI PECAT 113 ANGGOTA POLRI SEPANJANG JANUARI-OKTOBER 2020   DARI PENANGKAPAN 9 PENGEDAR NARKOTIKA, POLRES SUKABUMI KOTA SITA 117,4 GRAM SABU, 37 PIL EKSTASI, & 2.784 OBAT DAFTAR G   POLRES SUKABUMI KOTA TANGKAP 9 PENGEDAR SABU, EKSTASI, DAN OBAT DAFTAR G   KAHUMAS PT KAI DAOP 1 JAKARTA SEBUT LONJAKAN PESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH KEBERANGKATAN 27-28 OKTOBER MENINGKAT   BAPPENAS MENCATAT 5,23 JUTA LAPANGAN KERJA HILANG AKIBAT PANDEMI COVID-19   MENHAN PRABOWO SUBIANTO DAN MENHAN TURKI HULUSI AKAR BAHAS KERJA SAMA PERTAHANAN   BELUM PENUHI TARGET, BAWASLU GUNUNG KIDUL PERPANJANG MASA PENDAFTARAN BAGI CALON PENGAWAS TPS PILKADA 2020   PSBB DKI JAKARTA DIPERPANJANG HINGGA 8 NOVEMBER 2020, PENERAPAN SISTEM GANJIL-GENAP DITIADAKAN