Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Menteri Pertahanan Mexico, Diduga Kuat Sebagai El Padrino atau Godfather Kelompok Narkotik

Minggu, 18 Oktober 2020 | 00:42 WIB
mantan-menteri-pertahanan-mexico-diduga-kuat-sebagai-el-padrino-atau-godfather-kelompok-narkotik
(Sumber: Foto Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos (Kementerian Pertahanan Meksiko)

MEXICO CITY,KOMPAS.TV – Jenderal Salvador Cienfuegos, mantan Menteri Pertahanan Meksiko 2012–2018,  yang kini ditahan di Los Angeles,  diduga Badan Antinarkotika Amerika Serikat sebagai  ‘El Padrino’ atau ‘the Godfather’ kelompok produsen dan penyelundup narkotika bernama H2 Meksiko.

Seperti dikutip dari the New York Times, agen penegak hukum Amerika mendengarkan ketika anggota kartel Meksiko mengobrol di penyadapan telepon, berbicara tentang sosok kuat misterius yang dikenal sebagai El Padrino, atau "The Godfather".

Agen-agen telah memantau selama berbulan-bulan, mencurigai bahwa tokoh sentral dalam perdagangan narkoba ini adalah pejabat tinggi di militer Meksiko.

Tiba-tiba, salah satu orang yang diawasi memberi tahu sesama anggota kartelnya bahwa El Padrino kebetulan ada di televisi pada saat itu. Agen Amerika Serikat dengan cepat memeriksa untuk melihat siapa itu -dan melihat bahwa orang tersebut adalah sekretaris pertahanan Meksiko, Jenderal Salvador Cienfuegos.

Pada saat itu para penyidik akhirnya memastikan bahwa pelindung misterius dari salah satu kartel narkoba paling kejam di negara itu sebenarnya adalah pemimpin yang bertanggung jawab untuk melancarkan perang Meksiko melawan kejahatan terorganisir.

Dan pada Kamis malam Jenderal Cienfuegos ditahan oleh otoritas Amerika di bandara Los Angeles saat bepergian dengan keluarganya.

Temuan itu sekaligus menunjukan  seberapa dalam  kejahatan terorganisir yang terjadi di Meksiko. Bahkan bagi Meksiko, negara yang sering kali terbiasa dengan kekerasan dan korupsi berpuluh tahun, penangkapan itu sungguh luar biasa. 

Penulis : Zaki Amrullah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:34
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT