Kompas TV bisnis bumn

Bio Farma Dipercaya oleh CEPI untuk Produksi Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 18 Oktober 2020, 00:09 WIB
bio-farma-dipercaya-oleh-cepi-untuk-produksi-vaksin-covid-19
Presiden Jokowi meninjau fasilitas produksi Bio Farma di Bandung. (Sumber: Dok Setpres)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – PT. Bio Farma terpilih sebagai salah satu Potential Drug Manufacturer CEPI untuk vaksin Covid-19.

Terpilihnya Induk perusahaan Holding BUMN Farmasi itu merupakan kelanjutan dari hasil due diligence, pada tanggal 15 September 2020, yang memberikan penilaian pada aspek sistem produksi vaksin dan mutunya, sistem analitik laboratorium, dan sistem teknologi informasi yang digunakan Bio Farma dalam memproduksi vaksin.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menjelaskan, fasilitas Bio Farma akan digunakan oleh CEPI, untuk memproduksi vaksin Covid-19 dengan multi platform sebanyak 100 juta dosis per tahunnya, yang akan dimulai pada akhir kuartal VI pada 2021 atau di kuartal I pada 2022 mendatang.

Baca Juga: Bio Farma Targetkan Distribusi Vaksin Covid-19 Februari 2021

CEPI merupakan koalisi pemerintah-swasta dan filantropis, yang berpusat di Norwegia, memiliki tujuan untuk mengatasi epidemi, dengan cara mempercepat pengembangan vaksinnya.

CEPI juga bertujuan untuk mengembangkan fase awal vaksin, yang aman, efektif dan terjangkau yang dapat membantu menahan wabah sedini mungkin.

“Saat ini dunia sedang berusaha untuk menemukan vaksin Covid-19 dengan segala jenis platform. Pengembang – pengembang vaksin Covid-19 dari seluruh dunia, ada yang belum memiliki fasilitas produksi massal secara mandiri, sehingga CEPI akan mempertemukannya dengan produsen vaksin yang telah memenuhi persyaratan tertentu, dan Bio Farma adalah salah satunya,” ujar Honesti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/10/2020).

Honesti menambahkan, penggunaan kapasitas produksi untuk CEPI, tidak akan memengaruhi kegiatan produksi rutin yang ada di Bio Farma. Ia memastikan pihaknya sudah memperhitungkan aktivitas produksi yang rutin.

Baca Juga: Perwakilan Sinovak Kunjungi Bio Farma untuk Bahas Kesiapan Vaksin Corona, Ini Penjelasannya

“Setelah dilakukan perhitungan, penggunaan kapasitas produksi untuk CEPI, tidak akan mengganggu kegiatan produksi rutin di Bio Farma,” ujar Honesti.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.