Kompas TV internasional kompas dunia

Partai Buruh Unggul Telak, Jacinda Ardern Hampir Pasti Terpilih Kembali Sebagai PM Selandia Baru

Minggu, 18 Oktober 2020 | 00:03 WIB
partai-buruh-unggul-telak-jacinda-ardern-hampir-pasti-terpilih-kembali-sebagai-pm-selandia-baru
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern (Sumber: Shutterstock)

WELLINGTON,KOMPAS.TV- Dengan penghitungan suara hampir final, Partai Buruh Selandia Baru sejauh ini mengumpulkan 49 persen suara dan diproyeksikan menjadi mayoritas di parlemen Selandia Baru. Sementara, partai oposisi, Partai Nasional berhalauan tengah-kanan sejauh ini meraih 27 persen suara dan telah menyatakan kekalahan dalam pemilihan umum tahun 2020 ini.  Dengan hasil tersebut, Partai Buruh yang dipimpin Jacinda Ardern mendapat mayoritas suara di parlemen dan dapat membentuk pemerintahan baru tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Seperti dikutip dari situs penghitungan suara resmi pemilu Selandia Baru, 99,2 persen atau 2,37 juta suara sudah dihitung, dimana Partai Buruh meraih 49 persen dengan 1,16 juta pemilih, Partai Nasional sebesar 26,8 persen dengan 637 ribu pemilih, Partai ACT New Zealand meraih 8 persen dengan 189,908 pemilih, Partai Hijau meraih 7.6 persen dengan 179,744 pemilih, dan 13 partai lain yang masing-masing meraih suara dibawah 70 ribu pemilih.

Hasil tersebut membuat Partai Buruh mendapat 64 kursi di parlemen, jumlah yang cukup untuk membentuk pemerintahan mayoritas tanpa harus membentuk koalisi. Sementara urutan kedua Partai Nasional mendapat 35 kursi parlemen, Partai ACT dan Partai Hijau mendapat masing-masing 10 kursi, dan Partai Maori mendapat 1 kursi parlemen.

Tidak ada partai yang berhasil melakukannya di Selandia Baru sejak memperkenalkan sistem pemungutan suara yang dikenal sebagai representasi proporsional anggota campuran (MMP) pada tahun 1996.

Ms Ardern berjanji untuk menanamkan lebih banyak kebijakan ramah iklim, meningkatkan pendanaan untuk sekolah-sekolah yang kurang beruntung dan menaikkan pajak penghasilan bagi mereka yang berpenghasilan tinggi.

Pemilihan parlemen rencananya dilaksanakan bulan September kemarin namun ditunda hingga Oktober setelah munculnya gelombang kedua wabah Covid 19 di Selandia Baru.

Seperti dikutip dari BBC News, pemimpin Partai Buruh Selandia Baru yang juga menjabat Perdana Menteri, Jacinda Ardern, mengatakan, “Dalam hampir 50 tahun terakhir, pemilu kali inilah rakyat Selandia Baru memberikan dukungan terbesar kepada Partai Buruh. Kami tidak akan membuat dukungan Anda sia-sia. Saya akan berikan janji saya bahwa kami akan menjadi Partai yang memelihara setiap warga negara Selandia Baru,”

Editor : Zaki Amrullah

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:45
PEBALAP MERCEDES LEWIS HAMILTON JUARAI FORMULA 1 GRAND PRIX PORTUGAL DI SIRKUIT PORTIMO   CAPRES AS DARI PARTAI DEMOKRAT, JOE BIDEN, TIDAK INGIN MENGGELAR KAMPANYE AKBAR YANG MEMICU KERUMUNAN   RAJA MALAYSIA SULTAN ABDULLAH AHMAD SHAH TEGASKAN PENETAPAN DARURAT NASIONAL TIDAK DIPERLUKAN   KEMENTERIAN HAJI DAN UMRAH ARAB SAUDI TERBITKAN LEBIH DARI 650.000 IZIN UMRAH ELEKTRONIK SELAMA PANDEMI KORONA   POLDA KALIMANTAN TENGAH RENOVASI RUMAH ADAT UNTUK LESTARIKAN BUDAYA DAYAK   KADIV HUMAS POLRI MENGATAKAN DARI 113 ANGGOTA POLRI YANG DIPECAT, 80 PERSEN TERLIBAT KASUS NARKOTIKA   KADIV HUMAS POLRI PECAT 113 ANGGOTA POLRI SEPANJANG JANUARI-OKTOBER 2020   DARI PENANGKAPAN 9 PENGEDAR NARKOTIKA, POLRES SUKABUMI KOTA SITA 117,4 GRAM SABU, 37 PIL EKSTASI, & 2.784 OBAT DAFTAR G   POLRES SUKABUMI KOTA TANGKAP 9 PENGEDAR SABU, EKSTASI, DAN OBAT DAFTAR G   KAHUMAS PT KAI DAOP 1 JAKARTA SEBUT LONJAKAN PESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH KEBERANGKATAN 27-28 OKTOBER MENINGKAT   BAPPENAS MENCATAT 5,23 JUTA LAPANGAN KERJA HILANG AKIBAT PANDEMI COVID-19   MENHAN PRABOWO SUBIANTO DAN MENHAN TURKI HULUSI AKAR BAHAS KERJA SAMA PERTAHANAN   BELUM PENUHI TARGET, BAWASLU GUNUNG KIDUL PERPANJANG MASA PENDAFTARAN BAGI CALON PENGAWAS TPS PILKADA 2020   PSBB DKI JAKARTA DIPERPANJANG HINGGA 8 NOVEMBER 2020, PENERAPAN SISTEM GANJIL-GENAP DITIADAKAN