Kompas TV kuliner cerita rasa

Kopi Es TAK KIE, Melayani Sejak Tahun 1927

Kompas.tv - 17 Oktober 2020, 20:09 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kedai Kopi Es TAK KIE adalah salah satu tempat legendaris bagi para penikmat kopi di Jakarta. Kedai yang berdiri sejak tahun 1927 ini terletak di kawasan pecinan Glodok, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Kopi Es TAK KIE terletak di dalam Gang Gloria yang saat ini berubah nama menjadi jalan Pintu Besar Selatan III, Glodok. Kedai yang sederhana ini berawal dari warung kopi kaki lima yang didirikan oleh seorang bernama Liong Kwie Tjong.

Begitu masuk ke dalam, terlihat warna dinding kedai yang sudah agak menguning karena usia. Sebuah papan nama besar bertuliskan "Kopi Es TAK KIE" disertai tulisan dalam huruf Mandarin, menyambut siapa pun yang datang kesini.

Terdapat pula beberapa bingkai foto-foto orang terkenal yang pernah datang ke kedai. 

Dilansir dari kompas.com, Nama Tak Kie sendiri berasal dari kata "Tak" yang artinya orang yang bijaksana, sederhana dan tidak macam-macam. Sementara kata "Kie" berarti mudah diingat orang. Pemberian nama ini selanjutnya bisa diartikan kedai kopi sederhana yang menyimpan kebijaksanaan dan mudah diingat orang. 
 




 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x