Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Keripik Kelapa Saat Pandemi Melanda

Kompas.tv - 17 Oktober 2020, 01:16 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Sebuah inovasi bisa datang di tengah “Badai”. Seperti yang dilakukan Mila Amelia, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang sebelumnya fokus memproduksi Abon Cakalang dan Sambal Roa, kini mampu menghasilkan produk baru berupa keripik kelapa, justru saat pandemi Covid melanda.

Di rumahnya yang sederhana, di Kelurahan Malalayang Satu kota Manado, seorang ibu rumah tangga bernama Mila Amelia, memulai produksi keripik dari kelapa.

Keripik kelapa ini baru sekitar delapan bulan dikembangkannya, setelah sebelumnya fokus menghasilkan Abon Cakalang dan Sambal Roa, yang dijualnya sebagai produk UMKM, untuk membantu perekonomian keluarga.

Keripik kelapa yang dihasilkannya merupakan “Produk Inovasi” yang justru dilahirkan saat pandemi COVID-19 mulai melanda Indonesia di awal tahun 2020.

Ide untuk menghasilkan produk UMKM berupa keripik kelapa, muncul karena dirinya menyadari buah kelapa merupakan produk pertanian yang banyak dihasilkan petani Sulawesi Utara, namun produk kelapa belum banyak dikembangkan menjadi cemilan sebagai oleh-oleh khas provinsi Sulawesi Utara.

Setelah melalui serangkaian uji coba, Mila akhirnya mampu menghasilkan resep istimewa untuk membuat keripik kelapa, yang kemudian dikemas dengan baik, untuk dijual sebagai oleh-oleh khas Manado, dengan merek “Badonci” yang merupakan bahasa lokal Manado yang berarti “Menari”.

Meski masih terbilang baru dalam memperkenalkan produk keripik kelapanya kepada konsumen, namun Mila optimis produknya akan diminati lantaran memiliki cita rasa dan karakteristik tersendiri.

Mila memang baru menjual produknya ini secara online, karena pangsa pasar terbesarnya adalah pembeli dari media sosial yang dikelolanya secara mandiri.

Penikmat keripik kelapa ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yang memesan secara online. Pesanan datang dari pulau Jawa, kalimantan bahkan Papua.

Omset per bulannya memang fluktuatif, namun omset tertinggi yang pernah diraihnya yakni penjualan mampu mencapai juta dalam sebulan, dimana angka ini tergolong pencapaian yang memuaskan.

Keripik kelapa ini dijual seharga 20 ribu rupiah per kemasan. Jangan ragu karena rasanya renyah dan enak di lidah masyarakat Indonesia.

#kompastvmanado #umkm #inovasi

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x