Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Menko Airlangga Temui Mendag Singapura, Ada Apa?

Jumat, 16 Oktober 2020 | 18:59 WIB
menko-airlangga-temui-mendag-singapura-ada-apa
jelas Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Airlangga Hartarto . (Sumber: Dok BNPB)

JAKARTA, KOMPASTV. Peluang investasi dan kerjasama terus dibedah celahnya, meski pandemi covid-19 skala global dan Indonesia masih menggulung. Bentuk kerjasama yang diincar pemerintah adalah bilateral alias dua negara. Salah satu yang terwujud adalah dengan Singapura.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Chan Chun Sing bertemu secara virtual, membahas enam kelompok kerja. Di antaranya adalah kerjasama kawasan Batam Bintan Karimun dan kawasan ekonomi khusus lainnya, investasi, transportasi, pariwisata, ketenaga kerjaan dan agribisnis.

Kedua negara sepakat melakukan usaha luar biasa alias extraordinary efforts sekaligus memunculkan terobosan kebijakan baru.

“Tujuannya, untuk memastikan aspek protokol kesehatan yang ketat dan pemulihan perekonomian dapat terus berjalan beriringan,” jelas Airlangg, Jumat 16 Oktober 2020.

Investasi Singapura Ke Indonesia Naik 36%

Mengapa Singapura begitu signifikan bagi Indonesia? Pada tahun 2019, Singapura adalah mitra dagang terbesar ketiga bagi Indonesia. Sedangkan bagi Singapura, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar keenam.

Dalam hal investasi langsung dalam negeri, Singapura merupakan sumber utama Foreign Direct Investment (FDI) bagi Indonesia selama kurun waktu 2014-2019. Total investasinya sebesar USD 6,5 miliar di tahun 2019.

Editor : Dyah Megasari

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:06
KPK AJUKAN BANDING ATAS VONIS BUPATI NONAKTIF SOLOK SELATAN MUZNI ZAKARIA   MENKO POLHUKAM SEBUT INDONESIA DAN AUSTRALIA PERTEGAS KERJA SAMA DI BIDANG HUKUM DAN KEAMANAN   PERIKSA CHAIRUMAN HARAHAP, KPK DALAMI SOAL PENYUSUNAN DAN PENGESAHAN ANGGARAN PROYEK KTP ELEKTRONIK   KPK PERIKSA MANTAN KETUA KOMISI II DPR CHAIRUMAN HARAHAP SEBAGAI SAKSI KASUS KTP ELEKTRONIK   KEPALA SEKRETARIAT KSP AKAN MELAPOR KE KPK SOAL PRESIDEN JOKOWI YANG MENDAPAT SEPEDA LIPAT   KEMENAG TEGASKAN DANA BANTUAN BAGI PESANTREN TIDAK BOLEH DIPOTONG   GUBERNUR DIY SULTAN HAMENGKUBUWONO X PERSILAKAN ASN UNTUK KE LUAR DAERAH SAAT LIBUR PANJANG   POLRI MENGATAKAN SENJATA YANG DIDUGA DIPERJUALBELIKAN OKNUM BRIMOB BUKAN SENJATA ORGANIK ATAU DINAS   SEKRETARIS UMUM PP MUHAMMADIYAH: MAULID NABI SEBAIKNYA TIDAK ADA SEREMONIAL YANG HADIRKAN BANYAK ORANG   KUASA HUKUM BAHAR BIN SMITH SEBUT KLIENNYA BERENCANA AJUKAN PRAPERADILAN ATAS STATUS TERSANGKA BARU   POLDA JABAR TETAPKAN BAHAR BIN SMITH SEBAGAI TERSANGKA KASUS PENGANIAYAAN SECARA BERSAMA-SAMA   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19: KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA NAIK 19 PERSEN DI PEKAN KETIGA OKTOBER 2020   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MEMPREDIKSI LIBUR PANJANG AKAN BERDAMPAK PADA KENAIKAN KASUS POSITIF COVID-19   PEMKOT BEKASI, JABAR, KEMBALI IZINKAN BIOSKOP BEROPERASI DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PEKAN INI