Kompas TV bisnis kompas bisnis

Mendorong Investasi dan Perdagangan Melalui Jaipong

Jumat, 16 Oktober 2020 | 11:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kejar terus investasi. Ambisi Indonesia untuk memenangkan investasi dilakukan dengan beragam cara. 

Yang teranyar, pemerintah bersama Bank Indonesia meluncurkan platform yang disebut Japan Indonesia Partnership Lounge, Jaipong.

Sementara itu, Bank Indonesia menahan suku bunga acuan di level 4 persen, pada rapat Dewan Gubernur 12 dan 13 Oktober lalu. 

Keputusan ini mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, di tengah inflasi yang diprakirakan tetap rendah.

Rapat Dewan Gubernur RDG Bank Indonesia pada 12-13 Oktober 2020 memutuskan, untuk mempertahankan bi 7-day reverse repo rate atau bunga acuan di titik 4 persen. 

Suku bunga deposit facility sebesar 3,25 persen, dan suku bunga lending facility sebesar 4,75 persen.

Bank Indonesia juga menempuh lima kebijakan lain. Yaitu,
1. Melanjutkan kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah
2. Memperkuat strategi operasi moneter
3. Mempercepat langkah-langkah pendalaman pasar uang dan pasar valuta asing melalui electronic trading platform dan central counterparty
4. Memperkuat umkm melalui korporatisasi, peningkatan kapasitas, akses pembiayaan, dan digitalisasi sejalan dengan gernas BBI.
5. Memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan digital.

Sejalan dengan kebijakan moneter dan makroprudensial akomodatif yang ditempuh Bank Indonesia, kondisi likuiditas tetap longgar sehingga mendorong suku bunga terus menurun dan mendukung pembiayaan perekonomian.

Dari sisi koordiansi kebijakan, ada dua langkah yang diambil.

Pertama, Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah, OJK, dan LPS untuk  memperkuat stabilitas sistem keuangan serta mendorong penyaluran kredit dan pembiayaan bagi pemulihan ekonomi nasional.

Kedua, Bank Indonesia terus mempercepat digitalisasi pembayaran dan perluasan ekosistem digital melalui kolaborasi dengan pemerintah, Bank, Fintech, dan e-commerce.

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:18
KPK AJUKAN BANDING ATAS VONIS BUPATI NONAKTIF SOLOK SELATAN MUZNI ZAKARIA   MENKO POLHUKAM SEBUT INDONESIA DAN AUSTRALIA PERTEGAS KERJA SAMA DI BIDANG HUKUM DAN KEAMANAN   PERIKSA CHAIRUMAN HARAHAP, KPK DALAMI SOAL PENYUSUNAN DAN PENGESAHAN ANGGARAN PROYEK KTP ELEKTRONIK   KPK PERIKSA MANTAN KETUA KOMISI II DPR CHAIRUMAN HARAHAP SEBAGAI SAKSI KASUS KTP ELEKTRONIK   KEPALA SEKRETARIAT KSP AKAN MELAPOR KE KPK SOAL PRESIDEN JOKOWI YANG MENDAPAT SEPEDA LIPAT   KEMENAG TEGASKAN DANA BANTUAN BAGI PESANTREN TIDAK BOLEH DIPOTONG   GUBERNUR DIY SULTAN HAMENGKUBUWONO X PERSILAKAN ASN UNTUK KE LUAR DAERAH SAAT LIBUR PANJANG   POLRI MENGATAKAN SENJATA YANG DIDUGA DIPERJUALBELIKAN OKNUM BRIMOB BUKAN SENJATA ORGANIK ATAU DINAS   SEKRETARIS UMUM PP MUHAMMADIYAH: MAULID NABI SEBAIKNYA TIDAK ADA SEREMONIAL YANG HADIRKAN BANYAK ORANG   KUASA HUKUM BAHAR BIN SMITH SEBUT KLIENNYA BERENCANA AJUKAN PRAPERADILAN ATAS STATUS TERSANGKA BARU   POLDA JABAR TETAPKAN BAHAR BIN SMITH SEBAGAI TERSANGKA KASUS PENGANIAYAAN SECARA BERSAMA-SAMA   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19: KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA NAIK 19 PERSEN DI PEKAN KETIGA OKTOBER 2020   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MEMPREDIKSI LIBUR PANJANG AKAN BERDAMPAK PADA KENAIKAN KASUS POSITIF COVID-19   PEMKOT BEKASI, JABAR, KEMBALI IZINKAN BIOSKOP BEROPERASI DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PEKAN INI