Kompas TV regional berita daerah

Sampah Botol Plastik Ditukar BBM Di SPBU

Kompas.tv - 15 Oktober 2020, 12:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Bagi anda yang memiliki botol plastik yang cukup banyak, kini sampah tersebut memiliki nilai guna tersendiri. Botol plastik tersebut kini dapat ditukar dan dapat digunakan untuk membeli Bahan Bakar Minyak untuk kendaraan berbagai jenis. Anda hanya cukup menukarkan botol plastik di SPBU dan mendapatkan poin untuk nantinya ditukarkan.

Setiap 25 botol plastik ukuran sedang atau 15 botol plastik ukuran besar bisa ditukar dengan uang virtual senilai 500 rupiah dan mendapatkan poin. Poin-poin serta uang virtual tersebut nantinya bisa digunakan untuk membeli BBM berbagai jenis.

Namun sementara ini, penukaran botol tersebut baru bisa dilakukan di 8 SPBU yang ada di Temanggung, dan tidak menutup kemungkinan layanan tersebut akan diperluas apabila animo dari masyarakat cukup bagus. Menurut Hary Prasetyo, sales manager area Semarang, layanan berbasis elektronik tersebut berangkat dari keprihatinan karena saat ini sampah plastik sangat banyak. Layanan tersebut juga upaya untuk peduli lingkungan dalam hal pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Temanggung, Entargo menjelaskan dengan adanya layanan tersebut, bisa mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih. Serta mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam pengelolaan sampah, khususnya sampah plastik.

Salah seorang warga, Tegar Surahman menyebutkan proses dalam penukaran botol plastik tersebut tidak ribet. Hanya perlu membawa botol plastik, saldo virtual serta poin akan langsung masuk. Dengan adanya penukaran seperti ini, selain bisa mengurangi limbah botol plastik yang tidak terpakai, juga bisa mendapatkan manfaat berupa poin dan uang virtual yang bisa digunakan untuk membeli BBM berbagai jenis.

#BBM #SPBU #BotolPlastik
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x