Kompas TV regional update corona

Ridwan Kamil Usulkan Warga Depok Jadi Penerima Pertama Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 14 Oktober 2020, 07:51 WIB
ridwan-kamil-usulkan-warga-depok-jadi-penerima-pertama-vaksin-covid-19
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau posko pencegahan penyebaran Covid-19 Partai Nasdem di Jalan A. H Nasution, Kota Bandung, Selasa (21/4/2020) (Sumber: Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Desy Hartini

DEPOK, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan Kota Depok akan menjadi salah satu wilayah prioritas penerima vaksin Covid-19.

Namun demikian, ia menggarisbawahi bahwa vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dengan menyasar beberapa kalangan rentan terlebih dulu.

"Saya sudah mengusulkan ke pemerintah pusat bahwa pertama warganya yang dapat vaksin itu adalah warga Depok," kata pria yang akrab disapa Emil, Selasa (13/10/2020).

Baca Juga: Jadi Kota Prioritas Penanganan Covid-19, Gugus Tugas Depok: Harusnya dari Dulu!

"Cuma tetap tidak bisa langsung 100 persen, harus bertahap dulu dari kelompok yang paling riskan, seperti tenaga kesehatan, TNI/Polri, wartawan, kemudian masuk ke kelompok kedua, dan seterusnya," jelasnya.

Emil melanjutkan, vaksin yang dimaksud adalah vaksinasi tahap satu yang direncanakan pemerintah dengan membeli vaksin dari mancanegara.

"Kalau tidak ada halangan, kalau usulan saya disetujui maka bulan November itu warga Depok itu sudah divaksin, dengan vaksin yang dibeli langsung dari luar negeri oleh Pemerintah pusat," pungkasnya.

Selain Depok, warga Bogor dan Bekasi juga masuk dalam kelompok prioritas vaksinasi Covid-19. 

"Ini rasa sayang kita kepada warga Depok. Karena Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi) menyumbang kasus harian Jawa Barat yang paling banyak. Itu realitanya. Jadi nanti Bodebek didahulukan," paparnya.

Baca Juga: RK Berkantor Di Depok Mulai Minggu Depan

Hingga data diperbarui kemarin, Pemerintah Kota Depok telah melaporkan total 5.717 kasus positif Covid-19, tertinggi di Jawa Barat dan Bodetabek.

Dari jumlah itu, sebanyak 1.509 di antaranya masih ditangani saat ini, baik dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri di rumah masing-masing.  

#Depok #VaksinCorona #RidwanKamil



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.