Kompas TV regional berita daerah

Agus Fatoni Kenakan Pakaian Adat Minahasa

Kompas.tv - 13 Oktober 2020, 00:05 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Penjabat sementara Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni secara perdana mengenakan pakaian adat Minahasa dalam menjalankan kunjungan kerjanya di kota Bitung. Menurut Fatoni ini adalah bagian dari pelestarian adat budaya Minahasa.

Ini dia putra asal Bahuga Lampung Agus Fatoni yang dipercayakan memimpin Provinsi Sulawesi Utara sebagai penjabat sementara Gubernur Sulut. Dua minggu berjalan mengemban tugasnya sebagai orang nomor satu di Sulawesi Utara, Fatoni tampil beda dalam kunjungan kerjanya ke kota Bitung dengan menggunakan pakaian adat Minahasa.

Fatoni menggunakan pakaian adat Minahasa jenis Tonaas Wangko yang didominasi dengan warna hitam.

Pakaian Tonaas Wangko adalah sebuah kemeja berlengan panjang, yang memiliki kerah tinggi berkancing dan tanpa memiliki saku. Pada bagian kemejanya  dihiasi dengan motif bunga padi, motif ini terletak pada leher baju dan sepanjang ujung baju bagian depan. Bagian topi juga terdapat ukiran motif padi kuning keemasan, sehingga menyatukan seluruh penampilan.

Baju adat ini  dipakai Agus Fatoni mengikuti Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Bitung yang ke 30 dan beberapa kunjungan kerja lainnya pada Sabtu lalu.

Pada media, Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni mengatakan, bahwa di pakai baju adat ini adalah bentuk penghormatannya pada warga Sulawesi Utara yang berada di tanah Minahasa, sekaligus sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya Minahasa dimana baju adat masuk dalam kategori untuk terus di promosikan.
 

#kompastvmanado #hutbitung #pakaianadat

Aldy Pascoal Kompas tv Manado


 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.