Kompas TV nasional aiman

Janggal, Buronan Bawah Tanah Cai Changpan - AIMAN (Bag 4)

Senin, 12 Oktober 2020 | 22:05 WIB

Pertama kali terjadi di Indonesia. Seorang narapidana kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dengan menggali terowongan sejauh 30 meter, tanpa terdeteksi! Proses penggalian dilakukan selama 8 bulan dengan menggunakan alat seadanya. Namun, tanah bekas galian yang ditaksir setara dengan 2 truk, tidak ketahuan rimbanya.
 
Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53), terpidana mati kasus narkoba, kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada 14 September lalu. Namun, kaburnya Cai baru disadari petugas 11 jam kemudian. Berdasar rekaman kamera pemantau (CCTV), Cai melenggang keluar dari gorong-gorong di permukiman warga yang berada di luar tembok Lapas pada pukul 02.30 WIB. Kemudian, Cai bergerak menuju rumah istrinya di Kecamatan Tenjo, perbatasan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor. Tim gabungan khusus diterjunkan, guna melakukan pencarian terhadap mantan tentara China itu. Besar dugaan, Cai bersembunyi di hutan Tenjo.
 
Banyak kejanggalan menyertai kaburnya Cai. Bagaimana mungkin proses penggalian tak terendus petugas? Bagaimana cara Cai terhindar dari keracunan gas karbon monoksida saat menyusuri terowongan yang sempit dan sangat panjang? Dan, bagaimana bisa Cai menembus tembok Lapas yang sangat kokoh, seorang diri? Aiman menelusuri jejak kabur gembong narkoba Cai Changpan.
 
Mendatangi wilayah Tenjo, Aiman bertemu dan mewawancarai para saksi mata. Selanjutnya, Aiman mendatangi rumah istri Cai dan menemukan fakta mengejutkan! Aiman juga menyusuri hutan Tenjo yang sangat luas, untuk mencari jejak Cai. Terakhir, Aiman mewawancarai anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Habiburokhman, yang sempat melakukan sidak ke Lapas Tangerang dan menemukan banyak kejanggalan disana. 

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:56
LEGENDA SEPAK BOLA BRASIL, RONALDINHO, POSITIF TERINFEKSI KORONA   PM BULGARIA BOYKO BORISOV POSITIF TERINFEKSI KORONA   PEMKOT BEKASI SIAPKAN TENDA PENGUNGSIAN BAGI WARGA YANG TERDAMPAK PUTING BELIUNG   BPBD KOTA BEKASI: 176 RUMAH WARGA RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG, 10 DI ANTARANYA RUSAK BERAT   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: UJI EMISI GRATIS BAGI KENDARAAN RODA EMPAT BERBAHAN BAKAR BENSIN DAN SOLAR   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI JAKARTA AKAN MELAKUKAN UJI EMISI GRATIS UNTUK MOBIL PRIBADI MULAI 3 NOVEMBER 2020   BPBD DKI JAKARTA SEBUT ADA POTENSI HUJAN LEBAT DISERTAI PETIR DAN ANGIN KENCANG HINGGA 27 OKTOBER 2020   PT KAI DAOP I JAKARTA INGATKAN PENUMPANG KA JARAK JAUH LAKUKAN TES CEPAT KORONA SEHARI SEBELUM JADWAL KEBERANGKATAN   PT KAI DAOP I JAKARTA: ADA PENINGKATAN LAYANAN TES CEPAT KORONA DI STASIUN GAMBIR DAN PASAR SENEN JELANG LIBUR PANJANG   DITLANTAS POLDA METRO JAYA GELAR OPERASI ZEBRA SELAMA 2 PEKAN KE DEPAN HINGGA 8 NOVEMBER 2020   BESOK, BARESKRIM POLRI PERIKSA 8 TERSANGKA KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG   IDI: SEJAK MARET-OKTOBER 2020, 253 TENAGA KESEHATAN MENINGGAL AKIBAT TERINFEKSI KORONA   IDI: LEBIH DARI SATU SEMESTER PANDEMI KORONA, ANGKA KEMATIAN TENAGA KESEHATAN SEMAKIN MENGKHAWATIRKAN   DUA TERDAKWA KASUS JIWASRAYA YANG DITUNTUT PENJARA SEUMUR HIDUP JALANI SIDANG PUTUSAN VONIS DI PN JAKARTA PUSAT