Kompas TV regional berita daerah

Reaksi Sultan HB X Saat Melihat Alat Deteksi Covid-19 GeNose Buatan UGM

Kompas.tv - 12 Oktober 2020, 16:48 WIB
reaksi-sultan-hb-x-saat-melihat-alat-deteksi-covid-19-genose-buatan-ugm
Sultan HB X mencoba GeNose saat rektor dan peneliti UGM melakukan audiensi (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Rektor dan peneliti UGM menemui Gubernur DIY, Sultan HB X, Senin (12/10/2020). Bukan tanpa alasan petinggi kampus negeri ternama itu menyambangi raja Yogyakarta. Mereka menunjukkan GeNose.

GeNose adalah alat yang dikembangkan oleh peneliti UGM untuk mendeteksi Covid-19 hanya lewat embusan nafas. Harapannya, GeNose bisa menggantikan peran uji PCR.

Dalam pertemuan itu, Sultan HB X mencoba GeNose. Pengujian dilakukan dengan mengembuskan nafas ke dalam masker non-rebreathing yang disambungkan dengan perangkat GeNose.  

““Dalam pertemuan ini kami menyampaikan progres dari inovasi GeNose yang sekarang dalam proses untuk uji klinis, uji diagnosis, dan menunggu izin edar dari Kementerian Kesehatan,” ujar Panut Mulyono, Rektor UGM.

Baca Juga: Pukat UGM Sebut 3 Alasan RUU Cipta Kerja Bermasalah, Apa Saja?

GeNose lahir dari semangat gotong royong tim ahli lintas bidang ilmu di UGM, Eng Kuwat Triyana (FMIPA), Dian Kesumapramudya Nurputra (FKKMK), Ahmad Kusumaatmaja (FMIPA), Mohamad Saifudin Hakim (FKKMK), serta para Mitra industri strategis. Ada tiga negara yang sudah mengembangkan alat semacam ini, yakni Amerika, Israel, dan Indonesia.

GeNose bekerja cepat dan akurat mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang keluar bersama nafas seseorang dan muncul karena infeksi Covid-19. Pengaplikasiannya terhubung dengan sistem cloud computing untuk hasil diagnosis secara real time.

GeNose juga bisa bekerja secara paralel melalui proses diagnosis yang terpusat di dalam sistem sehingga validitas data terjaga dengan alat yang terhubung. Data yang terkumpul di dalam sistem dapat dimanfaatkan untuk pemetaan, pelacakan, dan pemantauan penyebaran pandemi secara aktual.

Baca Juga: Jadi Korban Kericuhan Aksi Jogja Memanggil, Begini Pengakuan Mahasiswa UGM

Salah satu tim peneliti GeNose, Dian Kesumapramudya menuturkan GeNose bisa dipakai sebagai metode screening bersama dengan rapid test serta PCR. Ia tidak menampik, sejumlah tahapan masih harus dilalui sebelum alat ini diproduksi secara massal.

“Proses uji diagnosis rencananya akan mulai dilakukan dalam minggu ini, dan diharapkan proses produksi dapat dimulai pada pertengahan November mendatang,” ucapnya.

Uji diagnosis GeNose memerlukan 1.600 subjek dengan 3.200 sampel. Sampel  ini akan diambil dari sembilan rumah sakit, antara lain, RSUP dr. Sardjito, Rumah Sakit Akademik UGM, dan RSPAU Hardjolukito. Sebelum dilakukan uji diagnosis, alat ini telah melalui uji profiling dengan menggunakan 600 sampel data valid, dan menunjukkan tingkat akurasi tinggi, yaitu 97 persen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.