Kompas TV regional berita daerah

Narapidana Bisa Sekolah Paket A B C dalam Rutan

Kompas.tv - 10 Oktober 2020, 17:04 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SUMENEP, KOMPAS.TV - Warga binaan yang sedang menjalani hukuman di dalam rumah tahanan Sumenep Jawa Timur bisa mengikuti program pendidikan paket A B C. Program yang diberi nama merdeka belajar ini bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah.

Program merdeka belajar paket A B C merupakan hasil kerjasama Rutan Kelas II B dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Program wajib belajar khusus warga binaan ini hanya ada 2 di Jawa Timur yang pertama di Rutan Sidoarjo dan Kedua Rutan Klas II B Sumenep.

Untuk permulaan ada 41 napi yang mengikuti program merdeka belajar di dalam rutan. Seorang napi perempuan, Yunia Cindy Kharismawati, mengaku senang karena bisa melanjutkan pendidikan meski dari balik penjara. Setelah lulus dia berharap bisa bekerja dengan menggunakan ijazah yang dimilikinya.

Baca Juga: Kelola Kafe, Narapidana Berbaur Dengan Masyarakat

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, mengatakan program ini bertujuan untuk memenuhi hak pendidikan masyarakat, mensukseskan program wajib belajar 12 tahun dan menekan angka putus sekolah.

Program ini telah diuji coba pembelajaran selamat 4 minggu dengan menggunakan sistem tatap muka di dalam rutan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 

#Narapidana #RumahTahanan #WajibBelajar12Tahun #KejarPaketABC



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x