Kompas TV regional berita daerah

Narapidana Bisa Sekolah Paket A B C dalam Rutan

Sabtu, 10 Oktober 2020 | 17:04 WIB

SUMENEP, KOMPAS.TV - Warga binaan yang sedang menjalani hukuman di dalam rumah tahanan Sumenep Jawa Timur bisa mengikuti program pendidikan paket A B C. Program yang diberi nama merdeka belajar ini bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah.

Program merdeka belajar paket A B C merupakan hasil kerjasama Rutan Kelas II B dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Program wajib belajar khusus warga binaan ini hanya ada 2 di Jawa Timur yang pertama di Rutan Sidoarjo dan Kedua Rutan Klas II B Sumenep.

Untuk permulaan ada 41 napi yang mengikuti program merdeka belajar di dalam rutan. Seorang napi perempuan, Yunia Cindy Kharismawati, mengaku senang karena bisa melanjutkan pendidikan meski dari balik penjara. Setelah lulus dia berharap bisa bekerja dengan menggunakan ijazah yang dimilikinya.

Baca Juga: Kelola Kafe, Narapidana Berbaur Dengan Masyarakat

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, mengatakan program ini bertujuan untuk memenuhi hak pendidikan masyarakat, mensukseskan program wajib belajar 12 tahun dan menekan angka putus sekolah.

Program ini telah diuji coba pembelajaran selamat 4 minggu dengan menggunakan sistem tatap muka di dalam rutan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 

#Narapidana #RumahTahanan #WajibBelajar12Tahun #KejarPaketABC

Penulis : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:34
KADIS KESEHATAN KABUPATEN SLEMAN SEBUT RUANG ICU RS RUJUKAN COVID-19 PENUH   FERDINAND HUTAHAEAN DAN RUDI S KAMRI DILAPORKAN ATAS DUGAAN PENCEMARAN NAMA BAIK JUSUF KALLA   PUTRI JUSUF KALLA, MUSWIRAH, LAPORKAN FERDINAND HUTAHAEAN DAN RUDI S KAMRI KE BARESKRIM POLRI   PRESIDEN JOKOWI TERIMA 18 NAMA CALON ANGGOTA OMBUDSMAN   BERSAKSI DI PERSIDANGAN, DOKTER UNGKAP BIAYA PERAWATAN JAKSA PINANGKI CAPAI RP 100 JUTA PER TAHUN   GUBERNUR RIDWAN KAMIL IMBAU WISATAWAN TIDAK BERKUNJUNG KE BANDUNG RAYA KARENA ZONA MERAH COVID-19   DINKES DKI SEBUT DARI 437 ORANG YANG DITES USAP, 24 POSITIF COVID-19, 296 NEGATIF, & 117 MASIH TUNGGU HASIL   DINKES DKI TES USAP 437 ORANG YANG KONTAK DENGAN GUBERNUR ANIES BASWEDAN & WAGUB AHMAD RIZA PATRIA   KASATPOL PP DKI MENGAKU MENJAWAB 53 PERTANYAAN PENYIDIK SOAL KERUMUNAN DI ACARA RIZIEQ SHIHAB   BAWASLU NTT LAPORKAN LOGISTIK PILKADA SABU RAIJUA TERSASAR KE KPU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA   KPK GELEDAH RUMAH DINAS MANTAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN EDHY PRABOWO   POLRI MENILAI DEKLARASI PEMERINTAHAN SEMENTARA PAPUA BARAT OLEH BENNY WENDA BENTUK PROVOKASI & PROPAGANDA   PRESIDEN JOKOWI TUNJUK MENTAN SYAHRUL YASIN LIMPO SEBAGAI MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN SEMENTARA   KPU MENGATAKAN PETUGAS DI TPS AKAN DIBERI APD TIGA MACAM YAITU "FACE SHIELD", MASKER, DAN SARUNG TANGAN