Kompas TV regional berita daerah

PLTP Lahendong Sokong Kelistrikan Sulut-Go

Kompas.tv - 9 Oktober 2020, 00:37 WIB
Penulis : KompasTV Manado

TOMOHON, KOMPAS.TV - Sulawesi Utara merupakan provinsi dengan persentase pemanfaatan energi panas bumi untuk sumber listrik yang tergolong tinggi, antara 20 hingga 30 persen dalam sistem ketenagalistrikan Sulut-Gorontalo. Suplai listrik dari pemanfaatan energi baru terbarukan ini dialirkan dari pembangkit listrik tenaga panas bumi lahendong yang dikelola oleh Pt Pertamina Geothermal Energy, dengan total kapasitas 120 mega watt.

Mulai beroperasi pertama kali di tahun 2001 dengan pembangkit berkapasitas 20 mega watt, pembangkit listrik tenaga panas bumi atau Pltp Lahendong, yang beroperasi di dua wilayah meliputi kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa, terus dikembangakan oleh Pt Pertamina Geothermal Energy selaku pengelola.

Saat ini, di kuartal tiga tahun 2020,  Pltp Lahendong memiliki kapasitas 120 mega watt, dan berkembang menjadi salah satu penyuplai terbesar energi baru terbarukan bagi sistem kelistrikan di Sulawesi Utara Dan Gorontalo.

Dari lokasi inilah,  pemanfaatan panas bumi menjadi listrik yang dialirkan pt perusahaan listrik negara, dapat dinikmati pelanggan rumah tangga maupun industri yang bermukim di Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Energi panas bumi, merupakan energi hijau atau "green energy",  yang diklaim lebih ramah lingkungan dibanding pemanfaatan energi fosil. Karenanya pemerintah indonesia terus mengembangkan pemanfaatan panas bumi ini sebagai sumber energi berkelanjutan.

General Manager Pt Pertamina Geothermal Energy Salvius Patangke mengatakan, untuk program jangka panjang,  perseroan akan terus melakukan pengembangan pemanfaatan panas bumi di lahendong dan sekitarnya.

Tahun 2022 nanti akan dikembangkan pltp skala kecil yakni 2 x 5 mega watt, dan pada tahun 2026 diproyeksikan akan ada penambahan  2 x 20 mega watt, sehingga total menjadi 50 mega watt.

Pemanfataan panas bumi di Indonesia, termasuk di Provinsi Sulawesi Utara sejalan dengan target nasional pemerintah untuk menggenjot bauran energi baru terbarukan sebesar 25 persen di tahun 2025.

Pltp Lahendong sendiri menjadi salah satu pemasok terbesar sumber energi baru terbarukan, untuk sistem kelistrikan Sulut-Gorontalo, dengan persentase antara 20 hingga 30 persen.

Data per Mei 2020, kapasitas terpasang sistem kelistrikan sulut-gorontalo sebesar 562 mega watt, dimana pltp lahendong unit 1 sampai unit 6 menyuplai 120 mega watt, atau setara dengan 21 persen dari sistem kelistrikan yang terpasang saat Ini.

#kompastvmanado #greenenergy #pltplahendong

TIM LIPUTAN KOMPAS TV TOMOHON - SULAWESI UTARA

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x