Kompas TV video cerita indonesia

Makin Populer, Perajin Masker Batik di Kudus Banjir Pesanan

Kompas.tv - 8 Oktober 2020, 11:47 WIB
Penulis : Theo Reza

KUDUS, KOMPAS.TV - Para perajin masker batik di Kudus, Jawa Tengah kebanjiran pesanan.

Salah satu perajin masker batik Alfa Shofa di Kudus tampak sibuk menyelesaikan pesanan masker dengan berbagai varian model dan motif batik khas Kudus.

Tingginya pesanan masker batik ini terjadi sejak pemerintah melarang penggunaan masker jenis Scuba dalam penerapan protokol kesehatan karena dianggap terlalu tipis dan tidak sesuai dengan standar WHO.

Selain nyaman dipakai, masker batik memiliki banyak varian model dan motif seperti motif daun-daunan hingga motif khas menara Kudus.

Dalam pembuatan masker batik, perajin menggunakan standar dari Kementrian Kesehatan yaitu selain menggunakan bahan dasar kain batik juga diberi lapisan kain dibagian dalam sehingga aman dan nyaman ketika dipakai.

Selain itu masker batik ini juga dapat dicuci ulang sehingga ramah terhadap lingkungan.

Menurut salah seorang perajin masker batik, dalam sehari dirinya bisa mendapatkan pesanan lebih dari dua ratus masker batik.

Jika dibandingkan dengan pemesanan sebelumnya ada kenaikan hingga 75 persen setelah pemerintah melarang pengunaan masker scuba beberapa waktu lalu.

Selain dijual di area Kudus, masker batik khas Kudus ini juga dipesan ke berbagai kota seperti Semarang hingga Surabaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.