Kompas TV regional berita daerah

8 Kecamatan di Pesisir Selatan Jember Berpotensi Terdampak Tsunami Besar

Kompas.tv - 8 Oktober 2020, 06:36 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, JAWA TIMUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jember Jawa Timur tingkatkan kewaspadaan di 8 kecamatan pesisir pantai selatan Jember, yang diprediksi terdampak tsunami besar. Namun BPBD meminta warga tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang berkembang di media sosial.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo mengatakan kewaspadaan tersebut dilakukan dengan melakukan pemetaan terhadap sejumlah titik yang berpotensi terdampak bencana tsunami besar.

Baca Juga: Gubernur Jatim dan 8 Bupati Rapat Bahas Mitigasi Ancaman Tsunami

Dari hasil pemetaan ada 8 Kecamatan di pesisir selatan Kabupaten Jember yang berpotensi terdampak bencana tsunami besar dengan ketinggian 20 meter.

8 kecematan tersebut adalah Jombang, Kencong, Gumukmas, Puger, Ambulu, Wuluhan, Tempurejo,  dan sebagian wilayah Kecamatan Balung.

Baca Juga: Gubernur Jatim dan 8 Bupati Rapat Bahas Mitigasi Ancaman Tsunami

Selain melakukan pemetaan, BPBD juga gencar melakukan sosialisasi kesiapsiagaan membentuk desa tangguh bencana, menyiapkan jalur evakuasi dan tempat mengungsi.

Baca Juga: Papan Peringatan Tsunami dan Jalur Evakuasi Terpasang di Pesisir

Meski demikian, warga di kawasan pesisir selatan jember, diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, waspada dan tidak terpengaruh isu yang beredar di media sosial dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

 

#BPBDJember #AncamanTsunami #PesisirSelatanJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.