Kompas TV internasional kompas dunia

Kolektor Buku Terbesar Di India

Kompas.tv - 6 Oktober 2020, 22:41 WIB
kolektor-buku-terbesar-di-india
Anke Gowda, (72) pria asal India ini mengaku telah mengumpulkan lebih dari 1.05 juta buku dalam beragam bahasa selama 50 tahun terakhir (Sumber: South China Morning Post)
Penulis : Agung Pribadi

Karnataka, Kompas TV -  Anke Gowda, berusia 72 tahun, adalah seorang kolektor buku perorangan terbesar di India. Lelaki ini telah mengumpulkan lebih dari satu juta buku selama 50 tahun terakhir.

Dia menyimpan koleksinya di sebuah tempat bernama Pustaka Mane, yang berarti rumah buku, di kota Mysuru, di negara bagian Karnataka, India barat daya.

Di antara koleksinya adalah 56.000 majalah internasional, 10.500 majalah dalam bahasa Kanada lokal, 2.500 judul tentang Mahatma Gandhi, 2.500 buku tentang kitab suci Hindu Bhagavad Gita, beberapa ratus versi Alkitab, ensiklopedia, kamus, fiksi dan non-fiksi dalam berbagai bahasa India dan bahasa internasional lainnya.

"Ayah saya seorang petani. Kami berasal dari keluarga miskin. Selama 50 tahun, saya telah mengumpulkan buku dalam berbagai bahasa, koin, mata uang, dan perangko. Ini adalah hobi saya. Saya sudah mengumpulkan lebih dari 1,05 juta buku dalam berbagai bahasa," ujarnya seperti dikutip dari South China Morning Post

Salah satu buku miliknya yang paling berharga adalah koleksi delapan volume 1832 William Shakespeare, yang pernah ditawar senilai £ 110.000, namun Gowda belum berminat untuk menjualnya.

Gowda juga menghabiskan tunjangan pensiun dan penghasilannya setidaknya untuk 1.000 buku setiap bulannya. Dia juga meminta bantuan sukarelawan untuk memelihara serta mengklasifikasikan koleksinya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x