Kompas TV regional berita daerah

Kemenparekraf RI Sosialisasi CHSE Pada Pelaku Usaha Wisata Selam

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 17:50 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Menanggapi Situasi Pandemi COVID -19, Pihak Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menggelar kegiatan sosialisasi panduan protokol kesehatan berbasis Cleanliness Healthy Safety and Enviromental Sustainbility. Sosialisasi digelar langsung di Ballroom Novotel Grand Kawanua.

Kemenparekraf RI melalui Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif menyelanggarakan sosialisasi berbasis CHSE pada pelaku usaha wisata selam, guna mencegah penyebaran COVID-19. sosialisasi ini digelar langsung dalam bentuk diskusi bersama antara pihak Pemerintah dan bersama para pelaku usaha wisata selam.

tampil sebagai narasumber Staf Khusus Menteri Kemenparekraf Bidang Digital dan Industri Kreatif Yoseph Pesik, Kepala Dinas Pariwisata Sulut Hendrik Kaitjili, Fariana Prabandari Kepala Balai Taman Nasional Bunaken serta Daniel Abimayu Camadi dan Bayu Wardoyo sebagai tim penyusun CHSE  Kemenparekraf.

Staf Khusus Menteri Kemenparekraf Bidang Digital dan Industri Kreatif Yoseph Pesik mengatakan, dalam mengaktifkan kembali sektor pariwisata diperlukan persiapan penerapan protokol kesehatan yang baik. Kemenparekraf, Baparekraf berinisiatif menyusun panduan protokol kesehatan berbasis CHSE di masing-masing bidang pariwisata, termasuk usaha wisata selam. Hal ini dilakukan mengingat protokol kesehatan berbasis CHSE memiliki peranan penting untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata, terutama di bidang wisata minat khusus.

sementara itu, menyambut kegiatan ini Henri Kaitjili Kepala  Dinas Pariwisata Daerah Sulut mengatakan, bahwa fungsi pengawasan akan terus diterapkan dengan bekerja sama dengan beberapa stake holder termasuk pelaku usaha wisata selam guna memastikan semua lokasi tidak menjadi media atau klaster baru COVID -19.

Melalui panduan ini dapat dijadikan sebagai acuan oleh industri wisata selam dalam menyelenggarakan usaha wisata selam yang sesuai dengan protokol kesehatan berbasis CHSE. Hal yang terpenting dari semuanya dibutuhkan kedisiplinan dari para pelaku usaha wisata selam dan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

#kompastvmanado #kemenparekraf #disparsulut

Aldy Pascoal Kompas tv Manado

Tag : YOSEPH PESIK HENRI KAITJILI KEMENPAREKRAF RI DISPAR SULUT BERITA DAERAH

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x