Kompas TV nasional aiman

AIMAN Eksklusif! - TNI, Pandemi, dan Isu PKI

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 11:52 WIB
aiman-eksklusif-tni-pandemi-dan-isu-pki
TNI, Pandemi, dan Isu PKI. (Sumber: Program AIMAN)
Penulis : Fadhilah

Tiga kata dalam judul di atas, relevan dikaitkan dengan insiden yang terjadi di Taman Makam Kalibata, Jakarta Selatan. Unsur kejadiannya adalah, Purnawirawan Jenderal TNI, Protokol Kesehatan, dan Upaya Persuasi dari Jajaran Kodam.

Peristiwa ini bermula saat sejumlah Purnawirawan TNI, yang banyak menggunakan Baret Kesatuannya dimana mereka pernah mengabdi, tak lupa dengan tanda bintang di baretnya, yang menunjukkan pangkat Jenderal.

Di antaranya yang tampak adalah Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Mereka tergabung dalam Purnawirawan Pengawal Kedaulatan Negara (PPKN).

Suasana awalnya tampak tenang, baris berbaris untuk menuju ke Taman Makam Pahlawan, memberikan penghormatan pada korban peristiwa G30S/PKI.

Baca Juga: Detik-detik Ratusan Pedemo Kocar-kacir Diserbu Pendukung Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo bersama sejumlah veteran melakukan tabur bunga di Taman Makam Nasional Umum Kalibata, Rabu (30/9/2020) (Sumber: Warta Kota/Feryanto Hadi)

Bentrok Purnawirawan Jenderal Vs Massa yang Datang Tiba-Tiba

Karena dianggap tidak menaati protokol kesehatan, maka dengan cara persuasi Dandim Jakarta Selatan, Kolonel Ucu Yustiana, mengingatkan para Purnawirawan Jenderal untuk tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Belakangan muncul sejumlah massa yang berseberangan dengan Para Purnawirawan Jenderal ini. Kericuhan tak terhindarkan. Sejumlah Purnawirawan mengejar massa yang menggunakan angkutan umum. 

Apa yang terjadi sesungguhnya? Mengapa isu PKI terus muncul, hantu atau fakta?

Kata Mantan Panglima TNI

Dalam sejumlah kesempatan diwawancara oleh Media Massa, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, mengungkapkan bahwa aksi PPKN ini, sudah meminta izin dari Garnisun. Gatot juga mengatakan bahwa acara PPKN ini merupakan undangan dari Letjen Marinir (Purn) Suharto.

“Saya hadir ke sana atas undangan Letjen Purn Marinir Suharto sebagai Ketua PPKN. Beliau datang ke saya minta saya sebagai irup (inspektur upacara). Saya bilang Pak, saya jangan irup karena bapak sebagai pimpinan PPKN, seperti yang dikutip dari Youtube TVOne, Jumat (2/10/2020).

“Lalu saya tanya apakah sudah izin ke Garnisun? Lalu Pak Harto proses izin ke Garnisun sudah ada. Nah kalau sudah ada, minta perwira upacaranya dari Garnisun. Itu sudah dilaksanakan,” ujar Gatot.

Jawaban Pepabri

Atas kejadian ini, Ketua Persatuan Purnawirawan ABRI (Pepabri) Jenderal (Purn) Agun Gumelar yang diwawancara di Kompas TV mengungkapkan,

"Terus terang saja saya merasa prihatin dan bahkan kesal melihat kejadian itu. Terutama untuk mereka yang kemarin mengenakan baret merah dengan gagah perkasa. Saya ini mantan Danjen Kopassus," kata Agum pada hari yang sama.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x