Kompas TV regional berita daerah

Panas, Dua Kubu Paslon Pilwali Saling Lapor Ke Bawaslu

Kompas.tv - 2 Oktober 2020, 15:13 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Bawaslu kota Surabaya, menerima dua laporan atas dugaan pelanggaran kampanye oleh dua paslon baik nomer urut satu Eri Cahyadi - Armudji maupun paslon nomor urut dua Mahfud Arifin – Mujiaman.

Seperti laporan Muhammad Sunar, warga Jambangan Surabaya yang melaporkan telah menemukan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh tim sukses paslon nomer urut dua, yakni temuan bagi - bagi sembako dan sarung terdapat stiker foto paslon nomer 2 Mahfud Arifin dan Mujiaman. 

Selain itu juga warga melaporkan tim paslon dua yang meminta KTP warga untuk ditukarkan sembako dan uang.

“Membodohi masyarakat dengan mengumpulkan KTP, dijanjikan ada sembako. Nah ini ada gambar paslon kami sudah lapor Bawaslu kejadian di Pagesangan, tadi sudah diterima Alhamdulillah.” Ungkap Muhammad Sunar, saat ditemui di depan kantor Bawaslu Surabaya.

Sementara itu, sejumlah pengacara yang tergabung dalam tim advokat paslon nomor dua melaporkan temuan alat peraga kampanye atau APK yang terdapat foto Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di baliho paslon satu Eri - Armuji di 14 titik.

Menurut, Purwanto tim advokat paslon nomor 2, temuan tersebut sudah melanggar, karena Wali Kota sendiri belum cuti atau mengundurkan diri tetapi ikut terlibat dalam kampanye. 

“Kami melaporkan adanya pelanggaran norma, satu oleh bu Risma (Wali Kota Surabaya) selaku pejabat publik, pak Adi Sutarwiyono selaku ketua tim kampanye pasangan nomer urut 01, ada baliho-baliho di jalan yang masih menggunakan jabatannya (Risma) sebagai Wali Kota.” Jelas Perwanto usai melapor ke Bawaslu Surabaya.

Hadi Margono Sambodo, Komisioner Bawaslu Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa menyatakan hari ini telah menerima 2 laporan dugaan pelanggaran kampanye. Laporan ini selanjutnya akan ditindaklanjuti Bawaslu sebelum perkara pelanggaran Pilkada diputuskan melanggar atau tidak.

 

#Surabaya #Jatim #Pilkada #Risma #Eri #Machfud #Bawaslu

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x