Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Pesan Mendagri Tito Karnavian Terkait Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

Jumat, 2 Oktober 2020 | 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta kampanye pilkada serentak 2020, tidak menimbulkan kerumunan.

Tim sukses yang dimiliki pasangan calon dapat bergerak ke masyarakat sambil membawa layar virtual untuk paslon berbicara.

Pernyataan ini muncul dalam rapat analisis dan evaluasi pelaksanaan kampanye pilkada serentak tahun 2020, yang diadakan di Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, hari ini (02/10/2020). 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga menyebutkan salah satu tolok ukur kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2020 adalah minimnya klaster penularan Covid-19.

Karenanya, Tito mengimbau semua pihak yang terlibat dalam pilkada tahun ini menguasai betul seluruh peraturan tentang protokol kesehatan.

"Kesuksesan pilkada diukur tidak terjadi klaster atau minimnya klaster dari pilkada," ujar Tito dalam rapat pengamanan Pilkada 2020 dan evaluasi APBD yang digelar secara daring, Rabu (30/9/2020). 

"Hal itu diawali dari Peraturan KPU tentang larangan apa saja yang boleh dan tidak boleh. Tolong kuasai betul PKPU, juga perundang-undangan lainnya seperti wabah penyakit menular, kekarantina kesehatan, KUHP dan lainnya," lanjutnya.

Sehingga, menurutnya kerumunan massa yang tidak sesuai dengan PKPU atau melanggar protokol kesehatan, seperti adanya kerumunan orang, harus dilarang.

Selain itu, Tito juga kembali mengingatkan pelaksanaan rapat umum dalam kampanye sepenuhnya sudah dilarang. Dia menyarankan pelaksanaan metode kampanye secara daring.  

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:15
STAFSUS MENAG KEVIN HAIKAL PASTIKAN MENAG FACHRUL RAZI SEHAT, TAK BENAR KEMBALI POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA NILAI PEMBELAJARAN TATAP MUKA BERISIKO TINGGI PENULARAN COVID-19   KPK AKAN GANDENG PPATK TELUSURI ALIRAN DANA DALAM KASUS SUAP IZIN EKSPOR BIBIT LOBSTER YANG MENJERAT MENTERI KP   RUMAH SAKIT KHUSUS INFEKSI PULAU GALANG, RIAU, PER 2 DESEMBER RAWAT 335 PASIEN POSITIF COVID-19   KEMENTERIAN PPPA: ANAK DENGAN HIV/AIDS PERLU DUKUNGAN MASYARAKAT    JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, PEMKAB BOYOLALI TAMBAH RS RUJUKAN COVID-19   KEMENDAGRI YAKIN KINERJA PEMPROV DKI TAK TERGANGGU MESKI GUBERNUR DAN WAGUB POSITIF COVID-19   KAPOLRI PERINTAHKAN KORPS KEPOLISIAN PERAIRAN & UDARA AMANKAN DISTRIBUSI KOTAK SUARA PILKADA DI WILAYAH KEPULAUAN   PEMKOT BEKASI SIAPKAN 26 POMPA AIR PORTABEL UNTUK CEGAH BANJIR    MENDAGRI BENTUK TIM KHUSUS UNTUK PANTAU PELAKSANAAN PILKADA 2020    MENTERI BUMN ERICK THOHIR MASIH TUNGGU KEPUTUSAN MENKES SOAL PEMBUKAAN PENDAFTARAN VAKSIN MANDIRI    MENTERI BUMN: PEMERINTAH PASTIKAN DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA DILAKUKAN BERTAHAP    MENTERI BUMN: RENCANA PEMERINTAH VAKSINASI COVID-19 TERHADAP 70 PERSEN PENDUDUK SUDAH SESUAI STANDAR WHO   GUBERNUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA TENGAH PERSIAPKAN PEMBENTUKAN SATGAS VAKSINASI COVID-19 DI JATIM