Kompas TV nasional berita kompas tv

Umrah Kembali Dibuka, Jemaah Indonesia Boleh Berangkat Per 1 November? Ini Penjelasan Kemenag

Kompas.tv - 2 Oktober 2020, 14:20 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah Arab Saudi akan kembali membuka layanan umrah untuk jemaah dari luar negeri pada 1 November 2020.

Walau kasus positif corona di tanah air masih belum turun, Kementerian Agama memastikan Indonesia masuk dalam daftar negara yang diizinkan.

Tapi ada syarat protokol kesehatan ketat bagi para calon jemaah umrah, yang tengah disiapkan.

Setelah kerinduan menginjak tanah suci harus tertahan pandemi, Arab Saudi kembali membuka pintu umrah mulai 1 November 2020, bagi para jemaah dari luar negeri.

Kementerian Agama memastikan Indonesia masuk dalam daftar negara yang diizinkan mengirimkan jemaah meski dengan syarat penyaringan dan protokol kesehatan yang ketat.

Kementerian Kesehatan akan merilis negara mana yang diperbolehkan masuk ke Arab Saudi sejauh ini yang diperbolehkan masuk ke Arab Saudi selain 3 negara sesuai dengan pengumuman general agar efisien yaitu India, Brazil dan Argentina karena dianggap penanganan covid 19 di negara tersebut dianggap tidak berhasil Indonesia masih diperbolehkan jadi insya allah tanggal 1 November sudah pisah persiapan

Kementerian Agama pun kini tengah menggodok peraturan tentang protokol kesehatan perjalanan umrah, sambil menanti Menteri Agama Fachrul Razi, yang baru dinyatakan negatif covid-19, benar-benar pulih untuk menandatanganinya.

Meski demikian, kebijakan pembukaan umrah 1 November mendatang, juga disertai catatan. Penanganan covid-19 di Arab Saudi, dan Indonesia harus terkendali.

Pemerintah harus mampu menyiapkan secara optimal syarat protokol kesehatan yang ketat bagi para calon jemaah umrah.

Menurut data dari Kementerian Agaman soal Haji dan Umrah Arab Saudi, sebelum pandemi corona, Indonesia menjadi negara kedua terbesar di dunia yang mengirimkan jemaah umrah ke tanah suci di bawah Pakistan.

Simak dilaog selengkapnya bersama Kasubdit Perijinan, Akreditasi dan Bina Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah Kementerian Agama Ali Zakiyudin
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.