Kompas TV regional berita daerah

Jatim Jadi Provinsi Dengan Tingkat Penularan Terendah di Indonesia

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 12:19 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Selama 9 hari berturut-turut, Provinsi Jawa Timur menjadi Provinsi dengan rate of transmission atau tingkat penularan Covid-19 terendah di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat ditemui pada acara penyerahan bantuan oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi. Data ini berdasarkan analisis Big Data The Bonza dan Satgas Covid-19 Pusat melalui laman Lapor Covid.

Berdasarkan data pada hari rabu (30/09/20), tingkat penularan Provinsi Jawa Timur berada dibawah angka 1, yakni 0,8. Sementara positivity rate atau kasus aktif Covid-19 di Provinsi Jawa Timur juga menjadi yang terendah di pulau Jawa.

Dimana jika pada bulan juli lalu mencapai 31% kini kasus aktif di Jawa Timur sudah turun menjadi 12%.

"Rate of transmission itukan yang mengeluarkan The Bonza, yang mengeluarkan Lapor Covid, jadi temen-temen bisa akses. Alhamdulillah sudah 9 hari berturut-turut Provinsi Jawa timur sudah dibawah 1, dan kami sudah terendah diantara seluruh Provinsi di Indonesia." Tutur Khofifah.

Sebagai Provinsi yang masuk dalam 9 Provinsi Prioritas di Indonesia seperti arahan Presiden Joko Widodo, berbagai upaya untuk menekan angka Covid-19 secara agresif terus dilakukan.

Khofifah mengatakan dalam dua pekan terakhir berbagai upaya seperti operasi yustisi untuk meningkatkan kepatuhan bermasker. Diikuti dengan testing dan isolasi, masif dilakukan.

Lebih lanjut Khofifah menyampaikan bahwa operasi yustisi di Jatim sampai hari ini telah dilakukan di 40.745 titik, dengan total yang terjaring sebanyak 592.634 orang.

Mulai dari hukuman berupa teguran, denda administratif, hingga penutupan tempat usaha. Khofifah meyakini langkah tersebut cukup efektif untuk menekan angka Covid-19 di Provinsi Jawa Timur.

 

#Surabaya #Jatim #Pandemi #Covid19 #Corona #Data #Khofifah

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x